Saya sempat terhenyak saat googling di internet dengan kata kunci Jasa Pembuatan Website ternyata memunculkan angka 600 ribu hingga 3,4 juta hasil pada tanggal 22 April 2018.  Hmm… apa tidak membingungkan perusahaan yang hendak memilih jasa pembuat website profesional? Karena semuanya tampak menarik! Coba bayangin kalau kita lagi mau makan di suatu restoran dan disodorin ribuan menu yang sama sekali belum tahu sebelumnya pasti bingung bukan…

Banyaknya penyedia jasa pembuat web di Indonesia tidak terlepas dari kemajuan di dunia pendidikan & teknologi. Sejak bangku SD siswa sudah dikenalkan dengan komputer & internet. Sehingga tidak heran saat masih kuliah tidak sedikit yang mencoba menambah uang saku dengan membuka jasa pembuatan website. Karena bisnis sambilan maka selesai project biasanya tidak jelas supportnya.

Belum lagi kemajuan teknologi yang telah melahirkan Web Builder yang memungkinkan orang biasa membuat sendiri webnya dengan tinggal klik template, bayar, isi konten & dipublish. Semuanya otomatis kayak mesin. Sehingga produk yang dihasilkan menjadi komoditi, tidak ada keunikan, minim fitur, tidak bisa dicustom serta terima apa adanya yang di template.

Layanan ini ternyata banyak juga ditawarkan oleh perusahaan luar negeri melalui mesin pencari Google & juga pemain lokal yang membeli modulnya. Karena semua otomatis maka harga murah di pembuatan. Meskipun demikian ternyata harga perpanjang tahunannya dapat berlipat ganda karena biasanya di tahun pertama ada discount hingga melebihi 50%. Perlu diketahui penentuan harganya dengan sistem sewa termasuk template yang dipakai, di luar biaya hosting & domain. Sebagai contoh sekitar 2 tahun lalu sebelum bergabung dengan Proweb saya sempet buat web dengan sistem ini dari provider luar negeri yg beriklan di Indonesia, harga pembuatan awal 1,4 juta untuk dua halaman yaitu “Home” & “Produk”. Setelah itu di tahun kedua sempet kaget karena muncul tagihan perpanjangan 2,8 juta rupiah.

Jadi dari sejumlah penjelasan di atas agar tidak salah memilih berikut tips menentukan Jasa Pembuat Website Profesional Terbaik bagi anda:

  1. Lihat Reliabilitas perusahaannya, jangan sampai sekarang ada tetapi besok tutup.
  2. Lihat After Salesnya apakah ada layanan support & maintenance yang akan membantu setelah project selesai atau tidak. Perhatikan juga lingkup kerjanya.
  3. Kualitas Design-nya. Karena web merupakan kartu nama digital organisasi, maka web perlu merepresentasikan filosofi yang dimiliki perusahaan & menarik. Untuk membuat web yang menarik dibutuhkan sense of art. Cara termudah mengeceknya adalah lihat webnya penyedia jasa itu sendiri serta portfolio yang dihasilkannya.
  4. Cek apakah provider tsb dapat mengakomodasi kompleksitas fitur sesuai yang dibutuhkan organisasi atau Full Custom. Ini terkait kebutuhan organisasi di konsumen serta melihat seberapa trampil karyawan di provider.
  5. Amati profesionalisme, cara termudah adalah dengan melihat Quotation/ Proposal Penawaran serta Surat Perjanjian Kerja.
  6. Lihat cara pemasarannya, biasanya perusahaan/ provider yang bonafit akan ketemu di halaman depan google saat dicari dengan kata kunci: “Web Designer” & “Jasa Pembuatan Web Jakarta”
  7. Cermati apakah harganya masuk akal untuk memberikan layanan terbaik atau tidak. Di sini perlu dicari optimal price/ best value-nya. Istilahnya “ada harga ada barang”, tidak kemahalan & juga tidak tertipu yang murahan.

Demikian sedikit tips memilih Pembuat website Profesional yang sesuai dengan kebutuhan organisasi anda.

Kunjungi http://www.proweb.co.id/web_design/ untuk menambah wawasan anda.

|