Di dalam dunia marketing kita mendengar telemarketing dan telesales. Apakah istilah ini sama ataukah berbeda ?
Secara konsep istilah ini berbeda yaitu:

  1. Telemarketing
    Telemarketing lebih cenderung menyampaikan informasi produk dan layanan yang dimiliki perusahaan kepada perusahaan lain yang kemungkinan akan menggunakannya. Di sini telemarketing menciptakan hubungan antara perusahaan dan calon pelanggan. Dalam kesempatan ini akan diusahakan untuk saling mengenal antara perusahaan kita dan calon pelanggan. Dari interaksi ini calon pelanggan dapat menjadi prospek perusahaan.
  2. Telesales
    Telesales adalah seorang yang memfollow up apa yang telah dikerjakan oleh telemarketing supaya menjadi transaksi bisnis yang menciptakan pendapatan perusahaan.

Secara praktis ada kemungkinan telemarketing dan telesales dikerjakan oleh orang yang sama. Tetapi untuk perusahaan yang besar biasanya ada team telemarketing sendiri dan juga team telesales sendiri.
Untuk perusahaan kecil mungkin orang yang melakukan telemarketing juga melakukan telesales.

Telemarketing dan telesales adalah sarana perusahaan membuka pasar yang nanti dikemudian hari akan menciptakan penjualan. Meskipun teknologi telah berkembang begitu cepat dengan email, chatting, social media, tetapi telemarketing tetap merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »