Articles

Memilih cost driver untuk overhead

Overhead pada kegiatan manufaktur banyak menggunakan indirect cost atau biaya tidak langsung. Jika suatu volume-based cost driver digunakan sebagai penentu penyerapan overhead, maka cost driver tersebut harus merupakan komponen utama dalam biaya proses manufaktur produk.

Misalnya dalam proses produksi, biaya yang digunakan lebih banyak untuk tenaga kerja maka tenaga kerja dapat digunakan sebagai penentu penyerapan overhead. Sebaliknya jika biaya mesin lebih mendominasi proses produksi, maka mesin pabrik akan digunakan dalam penyerapan overhead.

Pada masa-masa awal industrialisasi komponen biaya utama dalam manufaktur adalah tenaga kerja sehingga tenaga kerja merupakan cost driver dalam menentukan penyerapan overhead.

Tetapi dengan perkembangan teknologi manufaktur banyak menggunakan mesin-mesin pabrik dalam proses produksi. Dengan perkembangan ini biaya untuk tenaga kerja semakin turun, dan biaya terkait investasi mesin pabrik dan operasional mesin pabrik akan terus meningkat. Dengan demikian maka cost driver lebih tepat dikenakan kepada mesin-mesin pabrik.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Managerial Accounting Articles:
Activity Based Costing
Equivalent unit pada manufaktur
Product costing banyak departemen
Dua tahap alokasi biaya
Memilih cost driver untuk overhead
Normal costing dan actual costing
Memahami job order costing
Variable Cost dan Fixed Cost
Pengertian Cost Driver
COGS dibawa ke Income Statement
Menghitung Cost of Goods Sold (COGS)