Pada artikel Pemasaran Menciptakan Nilai (http://proweb.co.id/articles/mktmg/marketing_create_value.html ) kita telah membahas bahwa setiap manusia diciptakan unik dengan keahlian masing-masing. Supaya berguna bagi orang lain, maka keahlian ini harus ditukar dengan sesuatu yang kita perlukan. Dalam bahasa ekonominya kita harus dapat menjual keahlian kita. Dalam menjual ini kita tidak bisa langsung mendapatkan pembeli yang barang atau jasa kita. Pada level perusahaan, perusahaan harus menciptakan aktivitas hingga barang dan jasanya dikenal publik dan banyak orang membelinya. Aktivitas ini yang disebut marketing management atau manajemen pemasaran.

Jadi pengertian marketing management atau manajemen pemasaran adalah serangkaian proses menganalisa, merencanakan, menjalankan, mengawasi dan mengevaluasi program pemasaran yang meliputi product, price, placement dan promotion.

Dalam marketing kita mengenal 4P yaitu:

  1. Product
    Perusahaan harus menciptakan produk yang memiliki competitive advantage. Competitive advantage ini bisa harga, kualitas, ketersediaan, layanan pelanggan yang baik, kecepatan, keamanan dan lain-lain
      
  2. Price
    Perusahaan perlu menetapkan harga yang tepat dari sisi perusahaan maupun dari sisi pelanggan.
    Dari sisi perusahaan berarti harus menghasilkan keuntungan, artinya besarnya penjualan harus dapat menutupi semua operasional perusahaan ditambah dengan keuntungan.
    Dari sisi pelanggan berarti pelangan harus melihat bahwa nilai barang atau jasa yang dibelinya melebihi biaya yang dia harus keluarkan. Di sini perlu dikembangkan added value.
     
  3. Placement
    Pelanggan senang membeli barang yang mudah didapatkan. Perusahaan harus membangun atau menggunakan jalur distribusi dari pabrik – grosir – retailer – konsumen. Perusahaan perlu membuat sendiri jaringan distribusi atau menggunakankan jalur distribusi yang dikembangkan pihak lain.
  4. Promotion
    Perusahaan perlu melakukan kampanye agar produknya dikenal masyarakat sehinggan masyarakat dapat membelinya.

Perusahaan harus membuat analisa pemasaran, membuat rencana pemasaran, menjalankan aktivitas pemasaran, mengawasi aktivitas pemasaran, mengevaluasi demikian seterusnya. Perusahaan harus dapat mengerjakan apa yang harus dikerjakan, kapan dikerjakan dan bagaimana mengerjakan suatu aktivitas pemasaran.

Perusahaan harus mengerti juga 4C  yaitu

  1. Company Resources
    Perusahaan harus memahami seberapa besar sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.
     
  2. Context
    Contex ini berhubungan dengan situasi sekitar seperti kondisi sosial, kondisi ekonomi dan perkembangan teknologi.
     
  3. Customer
    Perusahaan harus mengerti kebutuhan, keinginan dan karakteristik pelanggannya.
     
  4. Competitor
    Perusahaan harus mengenal kelemahan dan kelebihan pesaing atau kelemahan dan kelebihan competitornya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.