Setelah kita memahami core competitive perusahaan dan memahami peluang pesar, kita mungkin melakukan riset, merancang produk baru dan mulai memasarkan produk baru. Produk baru ini akan masuk ke pasar.

Pertimbangan strategi pada saat memasukkan produk baru ke pasar antara lain

  1. Menentukan tujuan dan target
    Manajer bagian pemasaran harus menentukan tujuan objective yang dapat diukur kinerjanya. Tujuan objective ini antara salin sales volume yang ingin dicapai, market share yang ingin direbut dan juga target keuntungan yang hendak dicapai perusahaan.
    Tentu saja target-target ini harus sesuai dengan core bisnis perusahaan dan strategi yang sudah dicanangkan top manajemen.

    Manajemen harus dapat memantau pencapaian dari tujuan dan target ini untuk mengevaluasi segala hal yang telah dilakukan. Pemantauan ini juga dapat membantu memberikan response jika ada hal-hal yang memerlukan penyesuaian langkah.
     

  2. Strategi menarik pelanggan
    Perusahaan harus membuat strategi pemasaran untuk menarik pelanggan. Perusahaan harus benar-benar menggunakan 4P yaitu Product, Price, Placement dan Promotion. Strategi 4P ini juga harus sesuai dengan competitive advantage yang dimiliki perusahaan.
  3. Detail pada elemen pemasaran
    Strategi pemasaran untuk Product memiliki elemen-elemen yang lebih detail.
    Strategi pemasaran untuk Price memiliki elemen-elemen yang lebih detail.
    Strategi pemasaran untuk Placement memiliki elemen-elemen yang lebih detail.
    Strategi pemasaran untuk Promotion memiliki elemen-elemen yang lebih detail.

    Semua elemen yang detail pada setiap Product, pada setiap Price dan pada setiap Placement dan pada setiap Promotion harus dikoordinasikan di setiap lini dan jalur distribusi perusahaan dan harus sesuai dengan competitive advantage yang dimiliki perusahaan.

Perusahaan akan terus berkembang jika terus melakukan inovasi pada produk-produknya. Inovasi produk ini bisa membuat produk yang benar-benar baru, memperbaiki produk yang sudah ada, membuat varian produk lain dan sebagainya. Dan tentu saja perusahaan harus memiliki strategi yang baik untuk masuk pasar dan terus-menerus melakukan pemantauan tingkat keberhasilan setiap produk yang diluncurkan ke pasar. Dan tentu saja inovasi produk ini harus sesuai dengan competitive advantage perusahaan supaya dapat bersaing di pasaran.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »