Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan dengan banyak tujuan. Bahasa C++ juga mendukung OOP Object Oriented Programming yang memudahkan programmer memelihara program hasil karyanya. C++ dirancang untuk system programming, dengan batasan resources, pemrograman dengan skala besar dengan performance yang tinggi dan tingkat fleksibilitas yang tinggi juga.

Bahasa C++ ini termasuk compiled language, dimana source code dilakukan proses compiling sehingga dihasilkan suatu program binary dimana binary filenya adalah binary file sesuai dengan sistem operasi maupun platform tujuan. Binary file ini kemudian dijalankan dan menghasilkan aplikasi sesuai source yang telah kita buat.

Bahasa C++ termasuk middle-level language yang merupakan kombinasi high-level dan low-level language. Makin low-level makin mendekati bahasa mesin.

Bahasa C++ juga disebut static typing dimana pengecekan type dilakukan saat kompilasi, pengecekan tidak dilakukan saat run-time(eksekusi).

Standar pemrograman bahasa  C++ ini dibuat oleh ISO (International Organization for Standarization). Standard terbaru pada saat artikel ini ditulis adalah ISO/IEC 14882:2014  yang dikenal dengan C++14. C++14 ini menggantikan standar sebelumnya yaitu C++11.

Qt 5 sudah mengimplementasikan C++14.

Pemrograman C++ ini banyak mempengaruhi bahasa pemrograman yang lain misalnya Java, C#, PHP, Javascript dan lain-lain.

Untuk mencoba belajar C++ kita bisa mengunjungi http://www.tutorialspoint.com/cplusplus/index.htm . Pada Tutorials Point ini kita bisa mencoba langsung pada website setiap source code yang dibicarakan.

Artikel terkait adalah http://proweb.co.id/articles/mobile_development/cplus_qt.html .

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi:
1. http://www.tutorialspoint.com/cplusplus/index.htm .
2. https://en.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.