Kita hidup dalam pergerakan teknologi yang sangat cepat. Secara nyata kita melihat bagaimana aplikasi cepat sekali mendapatkan update atau pembaruan. Sangat cepatnya update teknologi ini menimpulkan kompleksitas tersendiri pada keamanan siber. Kompleksitas pada keamanan siber ini menimbulkan potensi masalah terutama bagi perusahaan. Dari sinilah maka kita memerlukan pengawasan keamanan informasi atau information security control.

Dari sini kita memerlukan ethical hacking yang akan melakukan aktifitas-aktifitas seperti berikut ini

  1. Meninjau sistem informasi dan infrastruktur IT perusahaan
  2. Mengecek keamanan sistem informasi dan infrastruktur IT perusahaan dengan melakukan penetration testing
  3. Memperbaiki sistem informasi dan infrastruktur IT perusahaan
  4. Mengecek kembali sistem yang sudah diperbaiki dengan melakukan penetration testing

Di sini seorang ethical hacker akan membuat melakukan pelingkupan penilaian, melakukan penilaian resiko,  melakukan audit dan memberikan saran-saran untuk peningkatan system informasi dan jaringan infrastruktur IT perusahaan.

Peranan seorang ethical hacker penting dalam penyalahgunaan data sensitif oleh seorang attacker. Ethical hacker akan mencegah sumber-sumber daya perusahaan dari serangan attacker karena vulnerability atau kerawanan sistem informasi. Dengan bantuan ethical hacking maka perusahaan dapat menemukan kerawanan keamanan informasi dan memperkecil resiko yang mungkin terjadi.

Seorang ethical hacker harus mengetahui pola-pola serangan dari attacker dan perlu memperbarui pengetahuan dan ketrampilannya dalam menghadapi pola-pola serangan terbaru.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengawasan Keamanan Informasi pada Ethical Hacking
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday