Dalam memilih domain, kita dapat memilih domain dengan coid atau com. 

Membeli domain .com lebih mudah karena siapa saja dapat membeli domain dengan mudah dengan membayar sekitar seratus ribu rupiah tanpa persyaratan apapun. Pembelian domain .com tidak melalui verifikasi dokumen apapun, di satu sisi membuat kemudahan, di satu sisi membuat kesulitan andaikata ada suatu domain sudah didaftarkan oleh orang lain yang tidak terkait dengan nama tersebut, dan ada perusahaan  yang lebih berhak menggunakan domain tersebut dan tidak bisa menggunakannya karena sudah diambil alih orang lain. Jika sudah demikian maka akan sulit suatu perusahaan memiliki domain tersebut.

Perusahaan hanya bisa mengambil domain .com tersebut dari pendaftar sebelumnya, beruntung jika perusahaan dapat menghubunginya. Jika perusahaan tidak dapat menghubungi pendaftar domain sebelumnya maka akan sulit bagi perusahaan memiliki domain tersebut.

Berbeda dengan domain .co.id . Pendaftaran .co.id memerlukan suatu persyaratan dokumen berupa SIUP, NPWP dan KTP. Jika dokumen sesuai dengan nama domain, maka domain bisa didaftarkan. Pengelola domain id yaitu Pandi (www.pandi.or.id) juga memiliki mekanisme untuk pengalihan domain kepada yang berhak jika pihak yang baru menyertakan domain legal yaitu SIUP, NPWP dan KTP. Dengan demikian maka perusahaan tidak tergantung kepada jasa pendaftar sebelumnya karena perusahaan dapat mengambil alih sendiri domain tersebut selama secara hukum perusahaan tersebut berhak atas domain tersebut.

Keuntungan domain .co.id adalah meningkatnya citra perusahaan. Domain .co.id adalah domain yang pasti dimiliki oleh perusahaan dan bukan perseorangan, berbeda dengan .com dimana perorangan dapat memiliki domain tersebut.

Demi kemanan jangka panjang perusahaan, maka perusahaan disarankan membeli domain .co.id

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Domain co.id lebih aman dibanding .com
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday