Jika kita setting Access Point, kita sering diminta memilih mode keamanan atau Mode Security. Dan kalau kita perhatikan, akhir-akhir ini setting yang sering digunakan adalah WPA atau WPA2. Bagaimana WPA dan WPA2 ini ?

WPA ini adalah kependekan dari Wifi Protected Access, suatu mode security yang menggantikan WEP(Wired Equivalent Privacy). WEP perlu digantikan karena mengandung celah keamanan. Dalam perkembangannya WPA berkembang menjadi WPA2 yang tentu dalam hal keamanan, WPA2 lebih aman. Kemudian dalam implementasi, AES (Advanced Encryption Standard) menggantikan TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) karena ada celah keamanan dalam TKIP. Jadi AES lebih aman dibandingkan TKIP.

Untuk feature WPS (Wifi Protected Setup), WPS ini mengandung celah keamanan. Dengan demikian maka fitur WPS sebaiknya dimatikan.

Untuk WPA maupun WPA2 juga ada WPA/WPA2 Personal dan WPA/WPA2 Enterprise. Kita lebih banyak menggunakan WPA Personal karena lebih sederhana, menggunakan password yang telah disepakati. Oleh karena itu WPA/WPA2 Personal juga disebut WPA/WPA2 PSK (Pre Shared Key).

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi http://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi_Protected_Access .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian WPA (Wifi Protected Access)
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday