Dalam menentukan lokasi server hosting, kita mungkin diberikan penawaran dari berbagai penyedia hosting. Dari penyedia hosting itu ada yang menyediakan harga yang lebih murah dengan server di luar negeri, ada juga yang lebiih mahal dengan menggunakan server dalam negeri.

Sebagai contoh ada yang menawarkan harga lebih murah dengan lokasi Singapore. Alasan mereka menggunakan server di Singapore adalah karena koneksi internasional di Singapore bagus dan juga koneksi ISP dari Indonesia ke Singapore juga bagus. Apakah alasan ini dapat dipercaya ? Jika target pelanggan kita berada di Indonesia maka kita akan menghitung perbedaan kecepatan yang akan didapatkan pelanggan kita jika kita menggunakan server di Indonesia dibandingkan dengan menggunakan server Singapore.

Dalam memberikan layanan internetnya ISP (Internet Service Provider) menyediakan layanan jasa internet dengan dua tipe bandwidth:
1. Shared bandwidth
2. Dedicated bandwidth
Dedicated bandiwth lebih bagus kualitasnya daripada shared bandwidth, untuk itu kita akan menganalisa yang dedicated bandwidth.

Misal pelanggan kita berlangganan dengan paket: dedicated bandwidth lokal 2 Mbps (2048 kbps) dan dedicated bandwidth international 256 kbps.  Saat jaringan ISP tersebut sibuk kita akan mendapatkan koneksi :
a. Server lokal Indonesia sebesar 2048 kbps
b. Server Singapore yang menggunakan bandwidth international sebesar 256 kbps.
Dengan demikian kita dapat menyimpilkan bahwa server lokal Indonesia lebih cepat 10 kali dibandingkan server Singapore

Dengan demikian, jika target pengunjung website anda adalah penduduk Indonesia, pilihlah jasa web hosting yang diletakkan di Indonesia.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Server Indonesia vs Server Singapore
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday