CCTV sudah tidak asing bagi banyak orang, yaitu sebagai perangkat pengawas keamanan rumah, gedung dan fasilitas umum. Sebaliknya belum banyak yang tahu apa itu IP Camera, dan apa bedanya dengan CCTV biasa.

Secara fisik, perangkat CCTV dan IP Camera terlihat mirip, padahal keduanya berbeda secara teknologi. Oleh karena kemiripan dan kata CCTV sudah cukup mengakar ke benak banyak orang, maka IP Camera juga sering disebut dengan IP CCTV.

Merek ternama dari CCTV dan IP Camera yang ada di pasar adalah Hikvision, Dahua, Uniview, dan yang baru saja muncul di Indonesia adalah Ivideon, dan Nobelic. CCTV merk Hikvision, Dahua dan Uniview diproduksi oleh Perusahaan yang berbasis di China. Sedangkan CCTV merk ivideon dan nobelic merupakan produk dari Perusahaan Ivideon yang berkantor pusat di Amerika Serikat.

 

Sejarah CCTV

Closed-Circuit TV atau disingkat CCTV merupakan kamera yang dipakai untuk memantau suatu tempat dengan cara mengirimkan gambar/ video secara analog ke suatu perangkat penyimpanan dan monitoring. CCTV pertama kali ditemukan oleh ahli fisika Rusia Bernama Léon Theremin pada tahun 1927. Sedangkan sistem CCTV pertama kali digunakan di dunia oleh kepolisian Inggris untuk memonitor kepadatan lalu lintas di kota London tahun 1960.

 

Sejarah IP Camera

Sedangkan IP camera (Internet Protocol Camera) atau IP CCTV atau Smart Cam adalah perangkat CCTV yang mengirimkan data video dan image melalui Internet Protocol (IP).

IP Camera pertama kali diluncurkan tahun 1996 oleh perusahaan Swedia, yaitu Axis Communications. Sedangkan IP Camera yang terdesentralisasi pertamakali diluncurkan tahun 1999 oleh perusahaan Jerman, yaitu Mobotix. Pada saat itu, IP Camera sudah mengandung informasi video, alarm, dan recording management functions.

 

Perbedaan CCTV dan IP Camera

  1. Jenis Kabel
    CCTV dan IP Camera memiliki perbedaan dalam penggunaan jenis kabel, dimana CCTV memakai kabel coaxial dan kabel listrik sementara, IP Camera memakai kabel UTP Cat 5e atau Cat 6. Selain itu, jumlah kabel yang dipakai oleh IP Camera lebih sedikit dikarenakan adanya teknologi PoE (Power Over Ethernet). Dengan POE maka hanya dibutuhkan satu kabel untuk menyalurkan data dan power ke IP Camera. Sehingga dapat menurunkan biaya yang dikeluarkan juga.
  2. Expansi Camera
    IP Camera memungkinkan untuk mengkoneksi banyak camera di banyak lokasi dengan biaya lebih murah. Hal ini dikarenakan IP camera dapat diintegrasikan satu dengan yang lainnya melalui internet dan/atau cloud. Apalagi bila memakai Solusi Smart Cloud Ivideon, yang memungkinkan mengintegrasikan ribuan IP CCTV dengan mudah, serta cepat.
    Sedangkan pada CCTV analog, masih memiliki keterbatasan untuk ekspansi baik dari jumlah camera, DVR yang dapat tersambung dengan CCTV, serta biaya yang tinggi.
  3. Keamanan Data
    Dari segi keamanan, video rekaman dari IP Camera terenkripsi, sehingga kemungkinan dapat diretas lebih kecil dan dapat diminimalisir. Sementara, CCTV tidak terenkripsi.
  4. Kualitas Gambar
    CCTV menggunakan teknologi analog, sedang IP Camera menggunakan teknologi digital. Sehingga pada resolusi yang sama IP Camera akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan bidang amatan (angle view) yang lebih lebar. Selain itu, gambar di IP Camera masih dapat dizoom dengan mudah secara digital.
  5. Kemudahan mengakses
    Dikarenakan IP Camera dapat terhubung dengan mudah ke aplikasi di HP (hand phone) dan browser di computer, maka akan memudahkan pengguna untuk mengakses video tersebut dari manapun. Sementara, CCTV memerlukan tambahan device untuk mengubah sinyal analog menjadi digital agar dapat dimonitor oleh perangkat lain.
  6. Integrasi AI & IOT
    IP camera dapat diintegrasikan dengan fitur AI (Artificial Intelligence), seperti: Face Recognition, Mask Detection, People Counter, Temperature Control, Heat Maps, ANPR (mendeteksi plat mobil). Bahkan fitur-fitur AI tersebut dapat dicustom dan diintegrasikan dengan perangkat keras lain untuk membentuk sistem IOT (internet of Things). Solusi terbaik IP camera yang terintegrasi dengan AI saat ini dimiliki produk ivideon.

Demikian rangkuman perbedaan IP Camera dan CCTV. (penulis: odelia)

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai Solusi Cloud Based CCTV Ivideon silahkan mengisi form di bawah ini

Perbedaan CCTV dengan IP Camera
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday