CCTV (Closed-CircuitTV) sudah lama menjadi perangkat keamanan standard bagi gedung-gedung perkantoran, gedung pemerintahan, dan fasilitas umum. Seiring dengan perkembangan teknologi, CCTV analog sudah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh IP CCTV atau lebih populer disebut dengan nama IP Camera.

Instalasi Kamera IP pada umumnya

Instalasi IP Camera di suatu gedung membutuhkan beberapa perangkat yaitu:

  • POE, atau Power Over Ethernet yaitu perangkat yang berfungsi untuk menyalurkan listrik menggunakan kabel ethernet / kabel UTP / kabel STP.
  • NVR atau Network Video Recording, merupakan perangkat untuk menyimpan hasil rekaman IP Camera.
  • Server, berfungsi untuk mengintegrasikan dan memonitor IP Camera yang terhubung di suatu gedung.

Gambar 1. Topologi instalasi IP Camera di suatu lokasi

Namun demikian ketika perusahaan/ organisasi memiliki banyak kantor cabang dan lokasi yang perlu dimonitor maka instalasi IP Camera menjadi cukup kompleks dan mahal. Karena kita perlu mereplikasi topologi instalasi IP Camera di suatu lokasi ke banyak lokasi.

Gambar 2. Topologi Jaringan IP Camera di banyak lokasi.

Masalah berikutnya yang muncul adalah integrasi IP Camera di banyak lokasi agar kantor pusat dapat memonitor kesemua lokasi. Untunglah ada jawaban untuk mengatasi kompleknya integrasi IP Camera di banyak lokasi dengan Ivideon Smart Cloud Video Solution.

AI Based Cloud CCTV Ivideon

Ivideon adalah perusahaan internasional yang berbasis di New York bergerak dalam bidang VSAAS & IoT Solution. (VSAAS = Video Surveillance As A Service; IoT = Internet of Things).

Dengan Ivideon Smart Cloud Video Solution maka ribuan IP Camera/ IP CCTV dapat dengan mudah diintegrasikan. Setiap IP Camera/ IP CCTV tinggal dikonekkan ke cloud ivideon melalui internet maka sudah beres instalasi dan integrasi.

Gambar 3. Topologi Jaringan IP Camera dengan Solusi Ivideon Smart Cloud.

Bagaimana jika di lokasi sudah terpasang IP Camera dengan merk di luar Ivideon? Tidak perlu khawatir karena Ivideon sudah menyediakan Bridge untuk meningkatkan kompatibiltas dengan merk lainnya. Ivideon Smart Cloud dapat diintegrasikan dengan IP Camera merk ternama seperti Hikvision, Dahua, CP Plus, dan bahkan compatible dengan 98% IP camera merk lainnya.

Solusi Ivideon Smart Cloud membuat biaya pengadaan infrastructure CCTV di banyak kantor cabang/ banyak lokasi menjadi lebih efisien.

Gambar 4. Perbandingan Biaya dengan solusi ivideon dan tidak.

Kelebihan lain solusi ivideon smart cloud adalah adanya pilihan penambahan fitur AI secara cepat di IP camera biasa dari berbagai merek. Jadi meskipun IP Camera kita secara hardware tidak ada fitur AI nya, maka dengan solusi ivideon maka IP Camera tersebut dapat memilih fitur AI yang hendak ditambahkan.

Fitur standar AI yang disediakan oleh ivideon adalah: Face Recognition, Mask Detection, People Counter, Temperature Control, Heat Maps, ANPR (mendeteksi plat mobil). Sedangkan fitur-fitur AI lainnya dapat di-custom.

Demikianlah gambaran kelebihan menggunakan CCTV berbasis Ivideon Cloud dengan jaringan CCTV konvensional/ tradisional. (penulis: Odelia)

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai Solusi Cloud Based CCTV Ivideon silahkan mengisi form di bawah ini

Saatnya Beralih Ke IP Camera Berbasis Cloud!
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday