Dalam menjalankan bisnisnya maka perusahaan akan mengirimkan tagihan kepada pelanggan dan juga menerima tagihan dari vendor. Perusahaan kemudian menerima pembayaran dari pelanggan dan juga melakukan pembayaran kepada vendor.

Pembayaran pelanggan dan pembayaran vendor pada Accounting Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Menuju customer invoice

    Dari dashboard aplikasi Accounting kita memperhatikan Vendor Bills dan mengklik 6 Bills to Pay.


    Kita kemudian memilih salah satu customer invoice.
  2. Register customer payment dengan bank journal

    Pada customer invoice ini kita melakukan REGISTER PAYMENT.


    Kita memilih Bank pada Journal dan kita melanjutkan dengan CREATE PAYMENT.


    Pada customer invoice terlihat bahwa statusnya menjadi ‘PARTIAL’ karena kita hanya membayar sebagian saja. Kita melanjutkan dengan VIEW customer payment seperti pada gambar di atas.
  3. Informasi Customer Payment

    Tampak informasi customer payment yang kita buat sebelumnya dengan REGISTER PAYMENT. Perhatikan dengan 1 Invoice. Kita melanjutkan ke Journal Entry.
  4. Informasi jurnal item dan reconcile entry

    Tampak jurnal item yang dibuat yaitu Ourstanding Receips pada Trade debtors. Kita melanjutkan ke Reconciled Entries.


    Tampak informasi reconciled entries.
  5. Menuju Customer payment

    Kita melanjutkan ke menu Customers | Payments.


    Kita melanjutkan dengan CREATE untuk customer payment.
  6. Membuat Customer Payment

    Kita mendaftarkan customer payment yang belum dihubungkan customer invoice.


    Kita melanjutkan dengan CONFIRM untuk customer payment.


    Tampak customer payment belum terhubung dengan customer invoice.
  7. Penerapan customer outstanding credit

    Kita kembali ke customer invoice ada informasi mengenai outstanding credit. Kita kemudian menerapkan credit yang merupakan customer payment sebelumnya dengan ADD.


    Tampak customer payment sudah diterapkan pada customer invoice ini. Tampak statusnya ‘IN PAYMENT’ karena customer payment ini belum direkonsiliasi dengan bank statement.
  8. Bank Reconciliation

    Kita masuk ke dashboard dan menuju ‘RECONCILE 2 ITEMS’.


    Kita melanjutkan dengan VALIDATE rekonsiliasi dengan customer payment kedua.


    Kita melanjutkan dengan VALIDATE untuk rekonsiliasi payment pertama.


    Tampak tampilan yang menunjukkan rekonsiliasi berhasil dengan baik.


    Kita menuju ke dashboard aplikasi Accounting dan tampak tidak ada item yang perlu dilakukan rekonsiliasi.
  9. Status Customer Invoice menjadi PAID

    Kita kemudian menuju customer invoice dan status berubah dari IN PAYMENT menjadi PAID karena sudah direkonsiliasi.
  10. Seting cash journal tanpa lewat outstanding

    Kita masuk ke menu Configuration | Journals.


    Kita memilih Cash.


    Tampak informasi pada tab Journal Entries.


    Kita menuju pada tab Outgoing dan memunculkan fielf Outstanding Payments accounts.


    Kita menambahkan 570001 pada Outstanding Payments accounts.


    Tampak pada Cash Account juga diisi dengan 570001. Kita melanjutkan dengan SAVE.
  11. Vendor payment dengan jurnal cash

    Kita melanjutkan ke Late Bills.


    Kita memilih salah satu vendor bills.


    Kita melanjutkan dengan REGISTER PAYMENT.


    Kita mengisi pembayaran dengan Cash pada Journal.


    Tampak status menjadi PAID dan tanpa melalui IN PAYMENT karena seting outstanding jurnal ke cash sebelumnya.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/customer-and-vendor-payments-1690 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=3RNZXJvTlfg .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Pembayaran Pelanggan dan Pembayaran Vendor pada Accounting Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday