Dalam melakukan penghitungan nilai inventory untuk menentukan COGS pada Odoo ERP kita dapat menghitung dengan metode standard cost, average cost atau rata-rata, dan FIFO (First In First Out).

Cara penghitungan nilai inventory atau inventory valuation pada Odoo ERP ada tiga yaitu

  1. Standard Price

    Pada standard price ini, penilaian inventory atau inventory valuation  saat menentukan COGS berdasarkan field Cost yang diset pada tab General Information yang ada pada Product Template dari product tersebut.
  2. Average Cost

    Pada Average Cost ini, penilaian inventory atau inventory valuation  saat menentukan COGS berdasarkan nilai rata-rata dari inventory yang dibeli dari vendor.
  3. FIFO (First In First Out)

    Pada FIFO atau First In First Out ini, penilaian inventory atau inventory valuation  saat menentukan COGS sesuai dengan urutan masuk ke gudang perusahaan dengan urutan First In First Out.

 

Anglo Saxon Accounting dan Continental Accounting
Berkaitan dengan Anglo Saxon dan Continental Accounting adalah seperti https://www.odoo.com/id_ID/forum/bantuan-1/is-the-anglo-saxon-module-needed-for-a-small-company-6457 .

The difference between the Anglo-Saxon accounting countries and the Rhine (or also called Continental accounting) countries is the moment of taking the Cost of Goods Sold versus Cost of Sales. Anglo-Saxons accounting does take the cost when sales invoice is created, Continental accounting will take the cost at the moment the goods are shipped.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/id_ID/slides/slide/inventory-valuation-696 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=clog3lmVMno .
3. https://www.odoo.com/id_ID/forum/bantuan-1/is-the-anglo-saxon-module-needed-for-a-small-company-6457 .
4. https://indonesiaodooaccounting.wordpress.com/2017/06/04/how-odoo-suits-indonesian-accounting-anglo-saxon-accounting/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Standard Price, Average Cost, dan FIFO pada Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday