Dalam menjalankan usahanya perusahaan dapat memilih model bisnis langganan atau subscription. Di mata perusahaan model bisnis subscription akan memberikan kepastian arus kas, dan di sisi pelanggan akan merasa biaya dapat dijangkau dan juga jaminan layanan.

Contoh layanan subscription adalah penggunaan software aplikasi seperti pada gambar di bawah ini

Basic Subscription atau Langganan pada Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Menuju Subscription Template

    Kita masuk ke aplikasi Subscriptions dan menuju ke menu Configuration | Subscription Templates.


    Kita kemudian memilih subscription template bulanan seperti pada gambar di atas.
  2. Edit Subscription Template

    Kita kemudian meng-EDIT Subscription Templates.


    Tampak pilihan pada Invoice Period.


    Tampak pilihan Duration seandainya memilih Fixed.

    Tampak tab Health Check.


    Kita kemudian SAVE untuk subscription template ini.
  3. Menuju Subscription Product

    Kita kemudian menuju menu Subscriptions | Subscription Products seperti pada gambar di atas.


    Kita kemudian memilih salah satu Subscription Product.
  4. Edit Subscription Product

    Kita kemudian meng-EDIT subscription template.


    Tampak pengisian tab General Information pada subscription product.


    Tampak pengisian tab Sales.
  5. Membuat sales quotation

    Kita masuk ke aplikasi Sales dan CREATE quotation.


    Kita kemudian menyelesaikan sales quotation ini dan SAVE.
  6. Mengirim sales quotation ke calon pelanggan

    Kita kemudian mengirimlan quotation ini ke pelanggan dengan SEND BY EMAIL.


    Kita kemudian SEND quotation ini.
  7. Simulasi persetujuan pelanggan

    Kita kemudian menekan PREVIEW.


    Tampak tampilan di sisi pelanggan, kita melanjutkan ke Accept & Sign.


    Kita melanjutkan dengan Accepr & Sign.


    Kita kemudian mengklik Pay now.


    Kita kemudian mengklik Pay & Confirm.


    Tampak status subscription masih Pending karena belum ada pembayaran.
  8. Confirm Quotation menjadi Sales Order

    Kita kemudian masuk ke aplikasi Sales dan memilih sales quotation kita.


    Setelah kita menerima pembayaran dari pelanggan maka kita akan melakukan CONFIRM sales quotation menjadi sales order.
  9. Edit subscription

    Kita kemudian melanjutkan ke Subscriptions seperti pada gambar di atas.


    Tampak informasi subscription dan kita melanjutkan dengan EDIT subscription.


    Kita kemudian memperbarui sesuai dengan kabutuhan dan aktfkan To Renew untuk memberikan pelanggan melakukan Renew jika ada kendala kegagalan pembayaran.
  10. Close subscription

    Dari sales subscription ini kita kemudian melakukan Online Preview untuk melakukan simulasi Close Subscription.


    Tampak tampilan di sisi pelanggan. Kita melanjutkan dengan Close your subscription.


    Kita kemudian melakukan simulasi Confirm Close Subscription.


    Tampak tampilan portal pelanggan atau customer portal.
  11. Send Message kepada pelanggan

    Perusahaan juga dapat membalas komentar.
  12. Informasi sales subscription yang sudah diperbarui

    Kita masuk ke aplikasi Sales dan melihat status subscription sudah CLOSED seperti pada gambar di atas.


    Tampak informasi dari bagian chatter pada sales subscription.


    Pada bagian chatter ini juga dapat melakukan send message seperti pada gambar di atas.


    Tampak pembaruan pada bagian chatter.
  13. Simulasi tampilan pelanggan

    Kita kemudian melakukan Online Preview untuk melihat simulasi tampilan pelanggan.


    Tampak tampilan chatter pada customer portal.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/id_ID/slides/slide/subscription-basics-697 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=RjbHhfCQPMc .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

 

Basic Subscription atau Langganan pada Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday