Untuk memastikan pendapatan perusahaan secara terus-menerus kita dapat merancang layanan yang berlangganan.
Layanan berlangganan menggunakan aplikasi Odoo Subscription adalah seperti langkah-langkah berikut ini
- Subscription berarti recurring
- Contoh recurring revenue adalah layanan online class bulanan
- Layanan-layanan lain yang bersifat langganan atau subscription
- Manfaat layanan yang bersifat recurring revenue
- Setting recurrence period
Masuk ke Configuration | Recurrence periods:
Klik New Recurrence periods:
Mengisi recurrence period yang baru:
- Product untuk subscription
Dari aplikasi Subscriptions masuk ke menu Subscriptions | Products:
Klin New Products untuk Subscriptions:
- Enable Recurring dan disable Can be Purchased
- Lengkapi informasi umum product
- Time based pricing atau Recurring Price berlaku umum
Masuk ke tab Time-based pricing atau Recurring Price:
Memilih Period:
Melengkapi Time-based pricing atau Recurring Price:
- Time-based pricing atau Recurring Price untuk customer dengan pricelist tertentu
- Konfigurasi plan
Masuk ke menu Configuration | Plans:
Klik New Plans:
- Pilih Recurrence pada Subscription Plans
Default isian pada Recurrence:
- Fixed duration pada Recurrence
- Pilihan Self closable di mana pelanggan dapat sendiri menutup layanan
- Menambah product pada subscription plan
- Menyimpan subscription plan
- New subscription
- Pilih Subscription Plan
Save Subscription:
- Setelah save muncul Recurring
- Membuat Sales Quotation kemudian memilih Quotation Template
Produk-produk yang ada pada subscription plan langsung muncul:
- Setelah save muncul recurring
Informasi lain berkaitan artikel ini silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/subscription-basics-697 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=E97c3I4l2SE – 15 Jul 2023
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini
Layanan Berlangganan Menggunakan Aplikasi Odoo Subscription