Kita tahu bahwa WordPress berkembang cepat dan selalu diperbarui, sehingga sangat tidak disarankan untuk mengedit WordPress core karena WordPress core ini akan ditimpa pada saat update WordPress. Oleh karena itu kita perlu cara lain untuk menambahkan functionalitas pada WordPress. Cara yang disediakan oleh WordPress adalah dengan mengembangkan plugin sesuai kebutuhan kita.

Pengertian plugin adalah sebuah paket source code yang melakukan perluasan fungsionalitas WordPress. Plgin WordPress ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan disertai aset seperti image CSS dan Javascript.

Sebuah plugin menggunakan banyak file, dan yang paling utama adalah sebuah main file dengan format DocBlock. Format DocBlok dapat dibaca di https://en.wikipedia.org/wiki/PHPDoc#DocBlock . Plugin paling sederhana dapat dilihat pada plugin Hello Dolly. Plugin Hello Dolly dapat di download di https://wordpress.org/plugins/hello-dolly/ .  Untuk pembuatan plugin yang sangat dasar kita dapat membaca di https://developer.wordpress.org/plugins/plugin-basics/ .

Dengan menbuat plugin sendiri kita dapat membuat perluasan dari apa yang disediakan WordPress. Sebagai contoh kita dapat membuat plugin yang menampilkan 10 posting terbaru dari website kita. Kita juga dapat membuat custom post types.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://developer.wordpress.org/plugins/intro/ .
2. https://developer.wordpress.org/plugins/intro/what-is-a-plugin/ .
3. https://developer.wordpress.org/plugins/plugin-basics/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengembangan Plugin WordPress
× Ada yang dapat saya bantu ?