Warna web adalah warna-warna yang digunakan dalam perancangan halaman-halaman web. Warna-warna yang dimaksud didekripsikan dan dispesifikasikan oleh desainer menggunakan triplet RGB dalam format heksadesimal. Triplet RGB terdiri dari enam buah karakter heksadesimal yang tiap dua-dua karakter masing-masing menyatakan entitas dari Red (merah), Green (hijau) dan Blue (biru). Nilai-nilai yang dapat diisikan untuk tiap-tiap entitas RBG ini adalah dari 00 sampai FF. Atau dalam angka desimal 0 sampai 255.

Warna-warna web bisa didapatkan salah satu contohnya pada color picker Adobe Photoshop.

Dalam suatu halaman web yang berformat HTML warna web dituliskan dengan menambahkan tanda “#” di depan karakter heksadesimal.
Contoh : <font color=”#FF0000″> contoh warna merah</font>

Untuk warna-warna web black, white, blue, green, red bisa di tuliskan seperti berikut: #000, #FFF, #00F, #0F0, #F00. Atau cukup menuliskan nama warnanya dalam bahasa inggris, misal black, white, yellow, red, dll.
Contoh: <font color=”magenta”> contoh warna magenta</font>

Cara yang sama juga berlaku untuk tag-tag HTML lainnya. Dapat pula implementasi warna web ini dilakukan melalui penggunaan CSS.

HTML mendefinisikan 16 warna, warna-warna ini juga dispesifikasikan sebagai RGB dengan catatan bahwa warna-warna ini asalnya diambil dari palet standar 16 warna yang didukung oleh VGA Windows.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Warna web dan pemakaiannya dalam HTML
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday