Dalam melakukan aktifitas penjualan, perusahaan dapat menerima pesanan penjualan, kemudian mengirimkan barang atau memberikan layanan, mengirimkan tagihan atau invoice, baru kemudian menerima pembayaran. Pada situasi tertentu bisa saja pengiriman barang atau barang terjadi pada akhir periode, sedangkan pembayaran dilakukan pada periode berikutnya. Secara prinsip akuntansi maka pendapatan seharusnya pada periode sebelumnya. Dengan demikiaan maka perlu penyesuaian accrued revenue.

Jika kita menggunakan aplikasi akuntansi biasa maka biasanya antara aplikasi operasional dengan aplikasi akuntansi. Jika kita menggunakan aplikasi sederhana akuntansi maka kita perlu membuat jurnal penyesuaian accrued revenue yaitu piutang belum ditagih pada pendapatan, kemudian sesaat kita membuat tagihan untuk pelanggan tersebut kita perlu membuat jurnal pembalik yaitu pendapatan pada piutang belum ditagih.

Untuk meminimalisasi pembuatan jurnal penyesuaian maka perusahaan dapat menggunakan Ultima ERP. Dengan Ultima ERP ini kita akan mengotomatisasi proses bisnis sehingga tidak perlu membuat jurnal penyesuaian. Dengan Ultima ERP kita cukup menjalankan menu-menu aplikasi

  1. Sales Order
    Pada menu Sales Order dalam Ultima ERP ini kita akan memasukkan pemesanan pelanggan. Tidak ada jurnal transaksi pada aktifitas ini.
  2. Sales Delivery
    Pada menu Sales Delivery ini kita akan menjalan proses bisnis pengiriman barang kepada pelanggan atau mengerjakan layanan pelanggan. Pada aktifitas ini Ultima ERP akan mencatat jurnal transaksi piutang belum ditagih pada pendapatan.
  3. Sales Invoice
    Pada menu Sales Invoice ini kita akan melakukan penagihan terhadap barang yang sudah kita kirimkan atau jasa yang telah kita kerjakan pada Sales Delivery. Pada aktifitas ini Ultima ERP akan mencatat jurnal transaksi sebagai piutang pada piutang belum ditagih.
  4. Sales Payment
    Pada Sales Payment ini kita akan memasukkan transaksi penerimaan pembayaran dari pelanggan. Aplikasi Ultima ERP akan mencatat jurnal sebagai kas pada piutang

Demikianlah penjelasan singkat mengenai accrued revenue dan proses otomatisasi dengan melakukan impleeantasi Ultima ERP.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Accrued Revenue pada Jurnal Penyesuaian
Tagged on:

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday