Setelah kita membahas mengenai classified balance sheet maka kita melanjutkan dengan classified income statement. Seperti istilah yang digunakan maka classified income statement berarti income statement yang diklasifikasikan.

Secara garis besar kita akan membuat klasifikasi income statement pada gross profit, operating income, before tax income dan net income. Aplikasi Ultima ERP Indonesia juga menghasilkan classified income statement seperti gambar di bawah ini

Pada gambar di atas terlihat bahwa classified income statement pada Ultima ERP Indonesia memiliki tingkatan seperti berikut ini

  1. Gross Profit
    Pada gross profit ini kita akan menghitung laba kotor dimana perhitungannya adalah Net Sales dikurangi COGS (Cost of Goods Sold). Dalam bahasa Indonesia laba kotor ini berarti penjualan bersih dikurangi HPP (Harga Pokok Penjualan)
  2. Operating Income
    Selain harga pokok penjualan, perusahaan mempunyai beban-beban dalam menjalankan operasional perusahaan. Biaya-biaya yang terjadi pada operasional perusahaan ini kemudian dikurangkan ke gross profit.
    Di sini laba kotor akan dikurangkan dengan biaya administrasi terkait biaya umum operasional perusahaan dan biaya-biaya terkait penjualan misalnya biaya pemasaran dan biaya gaji departemen penjualan. Setelah laba kotor ini dikurangi dengan biaya umum dan biaya penjualan maka menghasilkan operating income atau income dari operasional perusahaan.
  3. Before Tax Income
    Dalam menjalankan operasionalnya ada pendapatan dan biaya-biaya yang tidak terkait dengan operasional perusahaan misalnya bunga bank dan biaya administrasi bank. Pendapatan dan biaya ini dikurangkan ke operating income dan akan menghasilkan before tax income atau pendapatan sebelum pajak.
  4. Net Income
    Perusahaan tentu akan membayar pajak kepada pemerintah. Beban pajak ini dikurangkan ke before tax income dan menghasilkan net income.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai classified income statement yang akan membawa kita ke gross profit, operating income, before tax income dan net income.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Classified Income Statement

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday