Perusahaan mungkin mempertimbangkan untuk membuat custom software. Perusahaan mungkin berpikir bahwa proses bisnisnya unik sehingga membutuhkan sotware yang custom dan perlu membuat dari awal. Perusahaan mungkin berpikir untuk membuat custom software dengan alasan supaya memiliki competitive advantage. Namum demikian ada baiknya perusahaan perlu mempertimbangkan apakah ada software jadi yang sudah tersedia di pasaran karena membuat sotware custom dari awal membutuhkan waktu yang lama dan dana yang tidak sedikit.

Kesulitan-kesulitan yang terjadi pada pembuatan custom software adalah

  1. User sendiri tidak mengerti kebutuhan secara menyeluruh
  2. Kurangnya detil kebutuhan sistem
  3. Sistem yang kompleks
  4. Kurangnya perencanaan karena baik user maupun developer juga tidak berpengalaman dalam proses bisnis perusahaan yang akan dikembangkan
  5. Staf yang tidak berpengalaman
  6. Kurangnya dukungan dari top manajemen

Pengembangan custom software ini dapat dijalankan sendiri di dalam perusahaan dengan merekrut programmer atau dengan melakukan oursource perusahaan sofware untuk melakukan custom sofware. Ketika menggunakan jasa perusahaan software untuk mendevelop custom software tersebut silahkan memastikan

  1. Perusahaan software tersebut memahami proses bisnis perusahaan untuk industri dari perusahaan anda
  2. Membuat perencanaan yang detil dan secara aktif memonitor progress dari development yang dikerjakan
  3. Berkomunikasi dengan baik dengan software developer untuk bernegoisasi dengan biaya tambahan yang mungkin terjadi

Perusahaan dan software developer harus berhati-hati dalam melakukan pengembangan custom software ini. Dari sisi perusahaan dan software developer tentunya ingin project ini cepat selesai sesuai dengan kebutuhan. Namun di lapangan kadang-kadang muncul permintaan-permintaan tambahan dari client yang dapat memperpanjang development. Di sini software developer harus menyatakan dari awal bahwa permintaan tambahan selama proses development akan menambah waktu pengerjaan dan tentu menambah biaya.

Itulah pertimbangan-pertimbangan dalam melakukan pengembangan custom sofware. Jikalau mungkin gunakan software yang ada di pasaran karena ini akan mempercepat penggunaan, tetapi jika tidak mungkin silahkan melakukan pengembangan custom sofware dengan hati-hati.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pertimbangan Mengembangkan Custom Software

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday