Pengelolaan Bisnis Distribusi Banyak Cabang dengan Odoo 15 Community Edition

Oct 13, 2023 | 06-Training Odoo

Video training pembelajaran Pengelolaan Bisnis Distribusi Banyak Cabang dengan Odoo 15 Community Edition dapat diakses di https://www.youtube.com/playlist?list=PLYzjIAfTY0AW9xoFrzl0-u1JU0KuizSZ_  dengan daftar seperti berikut ini

No Judul Penjelasan
1 Instalasi aplikasi dan addons untuk usaha dagang banyak cabang
https://youtu.be/cdZ7U2aAEwM
Untuk dapat menjalankan operasional usaha dagang dengan banyak cabang ini kita akan menginstall aplikasi-aplikasi dan addons pada Odoo 15 Community Edition.
Aplikasi-aplikasi yang akan diinstal adalah
1. Aplikasi Inventory
2. Aplikasi Purchase
3. Aplikasi Sales
4. Addon modul Dynamic Financial Reports
5. Addon modul Show Receipt Status in Purchase and Vendor Bill
6. Addon modul Delivery Status on Sales Order
7. Addon modul Stock Card Report
8. Addon modul Web Responsive
9. Addon modul Multi Branch Operations
2 Membangun aplikasi eCommerce
https://youtu.be/F44YwcR-DQ8
Kita akan membangun aplikasi eCommerce dengan menggunakan Odoo 15 Community Edition.
Langkah-langkahnya:
1.Instalasi aplikasi website
2.Memilih an online store:
‘I want an online store for my machine shop business with the main objective to sell more’
3. Upload logo
4. Deteksi warna komposisi dari logo yang diupload
5. Build My Website
6. Pilih Theme
7. Tampak aplikasi eCommerce juga terinstal
3 Seting-seting pada setiap aplikasi
https://youtu.be/d37GxomzEQE
Seting-seting yang kita update untuk keperluan usaha dagang multi cabang dengan Odoo 15 Community Edition adalah
1. Pada aplikasi Inventory
a. aktifkan Units of Measure
b. aktifkan Storage Locations2. Sales
a. Invoicing Policy dipilih Invoice what is delivered
4 Pengelolaan cabang atau branch
https://youtu.be/DQefNFApUeE
Pada video ini kita akan mengupdate company info dan penambahan cabang/branch

Penambahan cabang atau branch pada Odoo 15 Community Edition dilakukan dengan
1. Masuk ke Setings
2. Update company info
3. Uploal logo perusahaan
5. Menambah branch atau cabang
6. Update User – Branch
7. Update default branch ke user

5 Seting Warehouse Branch atau Gudang Cabang
https://youtu.be/YuyPTsLQcXE
Kita akan mengupdate nama warehouse dan juga menambahkan warehouse tiap branch atau menambah gudang pada setiap cabang. Kita akan menggunakan Odoo 15 Community Edition.

Pada video ini kita akan
1. Update seting user – Allowed Branches
2. Update seting user – Default Branch
3. Edit warehouse name
4. Edit warehouse Short Name
5. Mengubah seting user – Default Branch
6. Create warehouse
7. Update Resupply Form

6 Create product category perusahaan dagang banyak cabang
https://youtu.be/ThQeudzq4-4
Di sini kita akan melakukan create product category pada Odoo 15 Community Edition .

Pada saat create product category ini
1. Parent Category kosongkan
2. Force Removal Strategi: First In First Out
3. Costing Method: Average Cost
4. Inventory Valuation: Automated
5. Kemudian akan muncul secara otomatis
a.Stock Valuation Account
b.Stock Journal
c.Stock Input Account
d. Stock Output Account
6. Kita melakukan Action – Duplicate supaya mudah

7 Memasukkan produk untuk usaha dagang multi branch
https://youtu.be/QkbpjRogJvk
Kita akan memasukkan produk-produk ke dalam Odoo 15 Community Edition
Langkah-langkah memasukkan produk pada Odoo 15 Community Edition:
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Masuk Config product category
3. Memilih product category
4. Menambah product
5. Memilih Product Type: Storarable Product
6. Memilih Invoicing Policy: Delivered quantities
7. Memasukkan Sales Price
8. Memasukkan Cost
9. Mengisi Internal Reference
10. Memasukkan gambar product
8 Memasukkan stok awal dengan melakukan inventory adjustment
https://youtu.be/VpVxI6-NSPY
Sebagai langkah implementasi Odoo 15 Community Edition kita akan memasukkan stok awal. Kita memasukkan stok awal dengan melakukan inventory adjustment.

Memasukkan stok awal dengan melakukan inventory adjustment pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti pada langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Masuk ke menu Operations | Inventory Adjusment
3. Create adjustment dan mengisi
a. Locations
b. Product
c. Counted Quantity
4. Select All | Apply
5. Mengisi Inventory Reference / Reason
6. Masuk ke menu Reporting | Inventory Report
7. Pada group By aktifkan Location saja

9 Pembuatan sales order usaha dagang banyak cabang
https://youtu.be/XHj2Cq39_V4
Kita melanjutkan ke pembuatan sales order
Pembuatan sales order usaha dagang banyak cabang dengan Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini1. Masuk ke aplikasi Sales
2. Create Quotations
3. Isi Customer
4. Mengisi data customer jika customer ini baru
5. Masuk ke tab Other Info dan memilih Branch dan Warehouse
6. Kemudian menuju tab Order Lines
7. Memasukkan produk yang akan dijual dan tentu kuantitasnya
8. Save
9. Confirm
10 Delivery order pada trading multi branch
https://youtu.be/Fxn3GAMlk18
Kita melanjutkan ke delivery order pada trading multi branch menggunakan Odoo 15 Community Edition.

Kita menjalankan delivery order dengan
1. Masuk aplikasi Inventory
2. Pilih Delivery Orders
3. Set quantities
4. Validate
5. Print Delivery Slip

11 Customer invoice pada usaha dagang multi cabang
https://youtu.be/1v-LYwHYSsA
Setelah mengirimankan barang ke pelanggan maka kita dapat managih pelanggan.
Customer invoice pada usaha dagang multi cabang menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah dengan
1. Masuk ke aplikasi Sales
2. Melihat Delivery Status dan Invoice Status
3. Melihat Delivered
4. Create Invoice – Regular Invoice
5. Isi Invoice Date
6. Save
7. Confirm
8. Print Invoice
9. Melihat status Sales Order sudah Fully Invoiced
12 Pembuatan vendor dan purchase order perusahaan dagang banyak cabang
https://youtu.be/XvDNSaY1m7I
Kita melanjutkan ke pembelian. Di sini kita akan menambah harga, memasukkan harga yang sudah disetujui kemudian melakukan purchase order.

Pembuatan vendor, kesepakatan harga dan purchase order perusahaan dagang banyak cabang menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Masuk aplikasi Purchase
2. Create Vendor
3. Masuk ke Product
4. Masuk tab Purchase
5. Masukkan kesepakatan harga dan kuantitas
6. Membuat Purchase Order
7. Memasukkan item dalam purchase order maka harga dan kuantitas akan langsung muncul
8. Save
9. Confirm Order
10. Cetak Purchase Order

13 Penerimaan barang usaha dagang banyak cabang
https://youtu.be/eC7N0aR4WyI
Setelah kita membuat purchase order maka kita akan menerima barang dari vendor.
Penerimaan barang usaha dagang banyak cabang dengan Odoo 15 Community Edition adalah seperti berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Memilih Receipt
3. Set quantities
4. Validate
5. Print delivery slip
14 Pencatatan tagihan vendor atau vendor bills usaha trading multi branch
https://youtu.be/vUb__plmfEg
Setelah kita menerima barang dari vendor maka kita akan menerima tagihan atau vendor bils.
Pencatatan tagihan vendor atau vendor bills perusahaan dagang banyak cabang pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti berikut ini
1. Masuk aplikasi Purchase
2. Melihat Receipts Status dan Billing Status pada Purchase Order
3. Create Bills
4. Mengisi Bill Date
5. Save
6. Confirm
15 Pembayaran dari pelanggan dan pembayaran ke vendor usaha dagang banyak cabang
https://youtu.be/sOziX9FPyG0
Penerimaan pembayaran dari pelanggan dan pembayaran ke vendor usaha dagang banya cabang pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti pada langkah-langkah berikut ini

1. Masuk ke aplikasi Accounting
2. Menuju menu Reporting | Journal Ageing
3. Menuju menu Reporting | Partner Ledger
4. Menu menu Customers | Invoices
5. Memilih Customer Invoice
6. Klik Register Payment
7. Masuk ke aplikasi Purchase
8. Memilih Purchase Order
9. Pastikan barang sudah diterima semua
10. Klik Vendor Bill
11. Register Payment

16 Rekonsiliasi bank statement usaha dagang multi branch
https://youtu.be/CBIh2t8gd5E
Sesuai dengan konfirmasi pelanggan dan konfirmasi bagian pembayaran maka kita telah memasukkan penerimaan pembayaran dari pelanggan dan pembayaran vendor. Namun catatan belum dicocokkan dengan catatan bank. Di sinilah kita perlu melakukan rekonsiliasi.

Rekonsiliasi bank statement usaha dagang multi branch dengan Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Accounting
2. Masuk ke Bank
3. Create bank statement
4. Masukkan saldo awal
5. Masukkan penerimaan pembayaran dari pelanggan
6. Masukkan pembayaran ke vendor
7. Isi Ending Balance
8. Save
9. Post
10. Masuk ke dashboard aplikasi Accounting
11. Melakukan rekonsiliasi yang sudah dicarikan pasangannya oleh Odoo

17 Melihat umur piutang atau partner ageing pada trading multi branch
https://youtu.be/pqoBinAO_EY
Pada partner aging ini kita melihat umur piutang.
Umur piutang pada trading multi branch dengan Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Masuk aplikasi Accounting
2. Masuk menu Reporting | Partner Ledger
3. Masuk menu Reporting | Partner Ageing
4. Memasukkan tanggal hari ini pada As on Date
18 Memperbaiki laporan keuangan balance sheet Cybrosys
https://youtu.be/RUpzxkPTox8
Langkah memperbaiki laporan keuangan balance sheet Cybrosys pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti berikut
1. Masuk ke aplikasi Settings
2. Aktifkan developer mode
3. Masuk ke aplikasi Accounting
4. Masuk ke menu Reporting | Balance Sheet
5. Masuk ke menu Configuration | Account Reports
19 Laporan keuangan profit and loss, balance sheet dan tax report
https://youtu.be/NLXCCe053RY
Untuk melihat laporan keuangan profit and loss, balance sheet dan tax pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti pada langkah-langkap berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Accounting
2. Masuk menu Reporting | Profit and Loss
3. Masuk menu Reporting | Balance Sheet
4. Masuk menu Reporting | Tax Report
20 Pembuatan lokasi transit usaha dagang banyak cabang
https://youtu.be/oEzqIexnDfs
Perpindahan antar cabang bisa membutuhkan berjam-jam atau berhari-hari. Selama barang itu masih dalam perjalanan maka kita perlu meletakkan pada lokasi transit.

Pembuatan lokasi transit usaha dagang banyak cabang pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti berikut ini
1. Masuk aplikasi Inventory
2. Menuju menu Configuration | Locations
3. Memilih salah satu lokasi
4. Melakukan Action | Duplicate
5. Edit Location Name ke Transit
6. Lakukan hal yang sama untuk warehouse-warehouse yang lain

21 Pengaktifan multi routes untuk kirim dan terima barang antar cabang
https://youtu.be/PbjQ-A8I_Ag
Sebagai persiapan pembuatan rules untuk perpindahan barang antara cabang yang menggunakan lokasi transit maka kita perlu mengaktifkan multi routes.
Pengaktifan multi routes untuk persiapan pengiriman dan penerimaan barang antar cabang dengan menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah seperti berikut
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Masuk ke menu Configuration | Settings
3. Aktifkan Multi Step Routes
4. Save
5. Masuk ke menu Configuration | Rules
22 Inventory rule untuk otomatisasi pengiriman dan penerimaan barang antar gudang
https://youtu.be/2vgZJDCO288
Kita akan membuat rules untuk otomatisasi pengiriman dan penerimaan barang antar gudang.
Tujuan pembuatan rule ini adalah saat validasi pengiriman barang dari cabang asal ke cabang tujuan lokasi transit maka akan terbuat internal transfer pada cabang tujuan dari ruangan transit ke ruangan stock.Rules untuk otomatisasi pengiriman dan penerimaan barang antar gudang dengan Odoo 15 Community Edition adalah
1. Menuju aplikasi Inventory
2. Menuju menu Configuration | Rules
3. Create Rule
4. Isi dengan Transit Processing
5. Action: Push To
6. Operation Type Internal Transfer
7. Source: Transit
8. Destination: Stock
9. Automativ Move: Manual Operations
10. Route: Buy
11. Save
12. Buat untuk warehouse-warehouse yang lain
23 Pengiriman barang dan penerimaan barang antar cabang
https://youtu.be/0YoywXCtNpQ
Kita akan mengirimkan barang ke cabang lain pada gudang transit. Cabang penerima kemudian akan melakukan penerimaan barang dengan internal transfer dari lokasi transit ke lokasi stok.

Pengiriman barang dan penerimaan barang antar cabang dengan Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Menuju menu Operations | Transfer
3. Create
4. Mengisi perpindahan dari cabang asal ke cabang tujuan dengan lokasi transit
5. Save
6. Mark as Todo
7. Set Quantities
8. Validate
9. Staf gudang cabang tujuan masuk ke aplikasi Inventory
10. Tampak ada Internal transfer yang baru dari lokasi Transit ke stok
11. Menuju menu Reporting | Inventory Report
12. Tampak barang masih berada di lokasi transit
13. Staf gudang kemudian membuka dokumen internal transfer sebagai penerimaan barang yang dibuat otomatis oleh sistem
14. Set quantities
15. Validate
16. Menuju menu Reporting | Inventory Report
17. Tampak barang sudah masuk ke stock cabang tujuan

24 Branch sales order atau pesanan penjualan cabang
https://youtu.be/wlMnUzc6eXE
Setelah cabang menerima barang dari kantor pusat maka cabang dapat menerima pesanan penjualan.

Branch Sales Order atau pesanan penjualan cabang menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Staf cabang login ke Odoo dan masuk ke aplikasi Sales
2. Membuat quotation
3. Pada tab Other Info silahkan memilih Branch yang sesuai
4. Pada tab Other Info silahkan memilih Warehouse cabang yang sesuai
5. Pada tab Order Lines seperti biasa silahkan mengisi produk yang dipesan
5. Save
6. Confirm

25 Branch delivery order atau pengiriman barang cabang
https://youtu.be/fTk6gVa0cs4
Setelah cabang menerima pesanan penjualan maka akan dilanjutkan dengan pengiriman barang atau delivery order.
Branch delivery order atau pengiriman barang cabang pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti pada langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Memilih Delivery Order
3. Set Quantities
4. Validate
5. Print Delivery Slip
26 Branch customer invoice atau penerbitan tagihan pelanggan cabang
https://youtu.be/yzrqWc7neCs
Setelah cabang mengirimkan barang yang menjadi pesanan pelanggan maka cabang akan menerbitkan pembuatan tagihan atau customer invoice

Branch customer invoice atau penerbitan tagihan pelanggan cabang pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Sales
2. Menampilkan informasi warehouse untuk melihat lokasi cabang
3. Memilih sales order yang akan ditagihkan
4. Create Invoice | Regular Invoice
5. Masukkan Invoice Date
6. Confirm Invoice

27 Pencetakan customer invoice cabang
https://youtu.be/0V6-Bl4mwYw
Setelah penerbitan customer invoice maka dilanjutkan dengan pencetakan invoice
Pencetakan customer invoice cabang pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut
1. Masuk aplikasi Acconting
2. Menu menu Customer | Invoices
3. Memilih invoice
4. Print Invoice
28 Penerimaan pembayaran dari pelanggan di cabang
https://youtu.be/1pZldSWSVjg
Setelah menerima pesanan penjualan, mengirimkan barang ke pelanggan dan mengirimkan invoice kepada pelanggan maka cabang akan menerima pembayaran.

Penerimaan pembayaran dari pelanggan di cabang menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah sepert langkah-langkah berikut ini
1. Masuk aplikasi Accounting
2. Menuju menu Customer | Invoices
3. Memilih Invoice yang Payment Statusnya adalah Not Paid
4. Klik Register Paymet
5. Print – Invoices

29 Laporan keseluruhan penjualan per cabang
https://youtu.be/zdy_5sZFUEc
Perusahaan yang memiliki banyak cabang pasti ingin memantau kinerja masing-masing cabang. Di sini perusahaan perlu memantau penjualan tiap cabang.

Laporan penjualan keseluruhan per cabang dengan menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah seperti pada langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Sales
2. Menuju menu Reporting | Sales
3. Silahkan Group By | Add Custom Group | Branch
4. Silahkan memilih grafik Bar, Line Chart, Pie Chart
5. Silahkan memilih Pivot View
6. Silahkan menambahkan Group By Product
7. Silahkan mendownload laporan dalam XLSX
8. Silahkan melihat laporan keseluruhan penjualan per cabang dengan Microsoft Excel

30 Pembuatan lokasi gudang konsinyasi
https://youtu.be/Lb3eALdoqQo
Pembuatan lokasi gudang konsinyasi menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Masuk ke menu Configuration | Warehouses
3. Create warehouse Konsinyasi
4. Isi Resupply From
5. Masuk ke menu Configuration | Locations
6. Tambahkan Location sesuai toko masing-masing
7. Isi parent dengan warehouse sebelumnya lokasi Stock
31 Pengiriman barang konsinyasi ke lokasi gudang konsinyasi toko
https://youtu.be/3CfcyDXLfnU
Setelah kita membuat lokasi gudang konsinyasi kepada setiap toko maka kita melanjutkan dengan mengirim barang ke lokasi gudang konsinyasi.

Pengiriman barang konsinyasi ke lokasi gudang konsinyasi toko pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Menuju menu Operations | Transfers
3. Create Transfer
4. Untuk destination location silahkan isi lokasi konsinyasi toko
5. Silahkan mengisi barang dan kuantitasnya
6. Save
7. Set quantities
8. Validate
9. Mencetak Surat Jalan dengan Print | Picking Operations
10. Kita masuk ke Reporting | Inventory report
11. Kemudian Group By | Location
12. Tampak ada barang-barang yang berada pada gudang konsinyasi suatu toko

32 Sales order, delivery order dan invoice barang konsinyasi yg sudah terjual
https://youtu.be/RnJc327oqBc
Kita kemudian mendapat informasi dari toko bahwa beberapa barang konsinyasi sudah laku terjual. Di sini kita kemudian melanjutkan dengan sales order, delivery order dan customer invoice untung barang konsinyasi yang sudah terjual.

Sales order, delivery order dan customer invoice untung barang konsinyasi yang sudah terjual dengan menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah
1. Masuk ke aplikasi Sales
2. Membuat Sales OrderInfo
3. Pada Other Info pilih Warehousenya pada gudang Konsinyasi
4. Masukkan produk yang terjual beserta dengan kuantitasnya
5. Save
6. Confirm

7. Masuk ke Delivery
8. Perhatikan pada tab Detailed Operations bagian From, pastikan berasal dari lokasi toko
9. Set quantities
10. Validate
11. Silahkan mencetak surat jalan dengan Print | delivery Slip

12. Masuk ke Sales Order yang bersangkutan
13. Create Invoice | Reguler Invoice
14. isi Invoice date
15. Save
16. Confirm
17. Silahkan mencetak tagihan pelanggan dengan klik Print | Invoices

33 Konsinyasi return dari pelanggan toko ke gudang perusahaan
https://youtu.be/nooSEAMoc_g
Ketika menitipkan barang konsinyasi ke toko ada kemungkinan ada barang-barang yang tidak laku dijual. Toko kemudian mengirimkan kembali barang-barang tersebut kembali kepada kita.

Konsinyasi return dari pelanggan toko ke gudang perusahaan menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah seperti pada langkah-langkah berikut
1. Masuk ke aplikasi Inventory
2. Menuju menu Operations | Transfers
3. Silahkan menuju Group By – Operations Type
4. Silahkan memilih Internal Transfers yang akan direturn
5. Klik Return
6. Silahkan Isi barang dan kuantitas yang direturn
7. Klik Return
8. Klik Set quantities
9. Klik Validate
10. Mencetak dokumen dengan mengklik Print | Picking Operations
11. Menuju menu Reporting | Inventory Reports
12. Silahkan memilih Group By | Locations saja
13. Tampak ada update pada jumlah inventory

34 Pencatatan pengeluaran rutin perusahaan
https://youtu.be/qQ8iFQP6ZLQ
Dalam menjalankan usahanya perusahaan pasti ada pengeluaran rutin seperti listrik, air, internet dan lain-lain. Di sini kita perlu mengelola dan mencatat pengeluaran rutin tersebut

Pencatatan pengeluaran rutin perusahaan menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah seperti pada langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Accounting
2. Menuju menu Accounting | Journal Entries
3. Create Journal Entries
4. Masukkan apa saja yang telah dibayar, nilainya dan partner yang merupakan vendor pada Debit
5. Kemudian untuk Credit masukkan sebagai Outstanding Payments
6. Pada label masukkan nama akun bank
7. Save
8. Post

9. Menuju menu Reporting | Profit and Loss
10. Menuju menu Reporting | Balance Sheet

35 Rekonsiliasi bank statement dengan jurnal pembayaran rutin
https://youtu.be/qq0QPN0yB1I
Setelah kita memasukkan jurnal pengeluaran rutin maka kita melanjutkan dengan rekonsiliasi catatan bank.

Rekonsiliasi bank statement dengan jurnal pembayaran rutin menggunakan Odoo 15 Community Edition adalah seperti langkah-langkah berikut ini
1. Masuk ke aplikasi Accounting
2. Pada Dashboard bagian Bank silahkan klik Create Statements
3. Silahkan mengisi bank statement dengan benar terutama pada Partner dan Amount
4. Silahkan mengisi Ending Balance
5. Save
6. Post

7. Silahkan masuk ke dashboard aplikasi Accounting
8. Silahkan klik Reconcile Items
9. Maka akan muncul saran-saran rekonsiliasi yang dibuat otomatis
10. Silahkan klik validate

11. Silahkan masuk lagi ke dashboard aplikasi Accounting
12. Tampak sudah tidak ada lagi yang perlu direkonsiliasikan

13. Melanjutkan ke menu Reporting | Balance Sheet

36 Mempublish produk ke eCommerce
https://youtu.be/R-qWIt-ABtA
Jika perusahaan malayani penjualan melalui website maka kita perlu mempublish product-product apa yang akan ditampilkan pada eCommerce Odoo.

Berikut langkah-langkah mempublish produk ke eCommerce Odoo 15 Community Edition
1. Masuk ke aplikasi Website
2. Masuk ke menu Products | Products
3. Hilangkan filter untuk menampilkan semua produk
4. Pilih produk yang akan dipublish
5. Masuk ke tab Go to Website
6. Ubah dari Unpublished menjadi Published

7. Untuk cara lain silahkan ke menu Shop
8. Pilih Product yang belum dipublish
9. Ubah dari Unpublished menjadi Published

10. Dengan browser lain kita masuk ke halaman front end
11. Tampak Shop sudah muncul produk-produknya

37 Proses pengisian shopping cart hingga menjadi sales order
https://youtu.be/HwZojdCVjoU
Setelah meluncurkan eCommerce, maka pengunjung akan mengunjungi situs eCommerce tersebut dan mengisi shopping chat

Proses pengisian shopping cart hingga menjadi sales order pada Odoo 15 Community Edition adalah seperti berikut ini
1. Pengunjung mengunjungi website
2. Memilih menu Shop
3. Memilih produk
4. Add to Cart
5. Masuk keranjang belanja
6. Proses Checkout
7. Mengisi data
8. Next

9. Staf perusahaan masuk ke aplikasi Sales
10. Tampak ada Sales Order yang masih draft berasal dari shopping cart

Kunjungi www.proweb.co.id/implementasi-odoo/ untuk menambah wawasan implementasi Odoo ERP.

Odoo ERP merupakan aplikasi lengkap untuk otomatisasi proses bisnis perusahaan anda.
Jika anda tertarik dengan Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini