Berkaitan dengan keamanan komputer beserta jaringannya, kita dapat membagi beberapa zona jaringan berkaitan dengan tingkat kepercayaan yang kita berikan.

Pembagian zona-zona jaringan pada cyber security atau keamanan siber adalah seperti berikut ini

  1. Implicit trust zone atau zona yang dapat dipercaya
    Implicit trust zone ini merupakan zona yang kita percayai pada level tertentu tanpa melakukan verifikasi sesuai dengan role, konfigurasi dan asumsi pada komponen-komponen zona ini. Zona ini digunakan untuk menyederhanakan dan mempercepat komunikasi antar berbagai komponen yang berada dalam zone tersebut. Komponen-komponen dalam zona ini dianggap dapat dipercaya sehingga tidak membutuhkan otentikasi dan otorisasi yang ketat.
  2. Internal network zone atau jaringan internal
    Jaringan internal ini berada di dalam perusahaan dan terlindungi firewall. Peralatan-peralatan dan sumber daya pada jaringan internal ini dianggap dapat dipercaya. Zona internal network zone ini juga disebut local area network atau biasa disingkat LAN.
  3. DMZ atau Demilitarized Zone
    Zona DMZ ini berada antara trusted dan untrusted network. Zona DMZ ini biasanya dapat diakses dari jaringan luar. Komunikasi antara zona DMZ dan jaringan internal dilakukan dengan kendali yang lebih ketat. DMZ ini juga disebut screened subnet karena diakses oleh trusted network zone dan juga untrusted network zone.
  4. External network zone atau jaringan eksternal
    External network zone atau jaringan ektsternal seperti internet merupakan jaringan yang tidak bisa dipercaya begitu saja.  Komunikasi dengan jaringan eksternal ini memerlukan pengamanan yang tinggi. Jaringan eksternal ini juga disetbut wide area network atau biasa disingkat WAN.

Pada zona keamanan ini makin menerapkan kepercayaan tinggi maka akan meningkatkan kenyamanan tetapi mengurangi keamaman. Di sisi lain semakin tinggi keamanan maka kenyamanan akan berkurang. Di sini kita perlu menyeimbangkan antara keamanan dan kenyamanan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Zona Jaringan pada Cyber Security
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday