Untuk meningkatkan cyber security atau keamanan siber maka perlu pemisahan antara control plane dengan data plane. Pengertian control plane dalam bahasa Indonesia adalah bidang kendali, sedangkan pengertian data plane adalah bidang data.

Control plane ini merupakan command center pada keamanan siber. Control plabe ini menggunakan identitas, kebijakan perusahaan, dan data-data ancaman serangan untuk menentukan hak akses user dan peralatan ke dalam jaringan komputer.

Pada control plane ini ada policy engine dan policy administrator. Pengguna dan peralatan akan dicek otentifikasinya dan otorisasinya oleh policy engine dan dikelola oleh policy administrator. Setelah pengguna atau peralatan berhasil diotentifikasi dan diotorisasi oleh policy engine, maka policy administrator kemudian menyampaikan keputusannya ke policy inforcement point yang ada di data plane.

Setelah policy enforcement point menerima keputusan dari policy administrator maka data plane atau bidang data melakukan penyerahan data secara aman sesuai keputusan tersebut.

Data plane atau bidang data pada cyber security atau keamanan siber bertanggung jawab pada pergerakan data dan forwarding paket data dalam jaringan. Fokus dari data plane atau bidang data ini adalah menjalankan routing, switching dan forwarding sesuai dengan rule dan policy yang sudah ditentukan. Bidang data atau data plane ini memasukan transmisi data yang aman dan efisien di antara peralatan-peralatan yang berada di dalam jaringan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Control Plane dan Data Plane pada Keamanan Siber
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday