Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini, kita harus dapat memberikan jasa atau produk yang inovatif, harga kompetitif dan menguntungkan perusahaan.

Menyangkut harga yang kompetitif dan menguntungkan perusahaan ini sering berlawanan satu dengan yang lain.
Jika harga kompetitif maka perusahaan bisa rugi, atau jika mau menguntungkan perusahaan maka harga sulit menjadi kompetitif.

Untuk dapat melakukan keduanya (harga kompetitif dan menguntungkan perusahaan)  kita harus memperoleh informasi yang akurat mengenai kinerja perusahaan. Secara praktis pertanyaannya dengan harga minimal berapa perusahaan mulai untung untuk setiap produk atau jasa yang akan diberikan ?
Pertanyaan yang sederhana ini memerlukan banyak data untuk menjawabnya. Menggunakan sistem manual untuk menjawab ini akan memerlukan waktu berhari-hari dan mungkin juga jawabannya tidak akurat. Dengan menggunakan teknologi informasi, informasi bisa didapatkan dalam hitungan detik.

Perusahaan yang menggunakan teknologi informasi secara menyeluruh akan mempunyai catatan secara otomatis pada setiap proses produksi, pembelian, penerimaan barang, penjualan, pengiriman pengeluaran uang, penerimaan pembayaran dan semua transaksi keuangan langsung terjurnal otomatis.  Dari informasi yang sudah menyatu inilah, kita dapat memperoleh hasil analisa yang cepat dan mengambil keputusan bisnis dengan cepat.

Dengan penjelasan di atas, peranan teknologi informasi (IT)  sangat penting bagi perusahaan untuk dapat mengambil keputusan bisnis secara tepat dan cepat.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Peranan teknologi informasi bagi perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday