Dalam dunia sistem informasi, kita mengenal data dan informasi. Apakah perbedaan dari kedua istilah tersebut ?

Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menganalisa banyak sekali datang menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan.

Data penjualan misalnya merupakan penjelasan yang bersifat mentah, tetapi informasi penjualan per bulan akan dipakai oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan.

Jurnal merupakan data bagian dari akuntasi. Neraca, laporan rugi laba dan arus kas merupakan informasi keuangan.

Data kehadiran adalah penjelasan mentah, tetapi informasi kehadiran sesorang dalam satu bulan merupakan informasi yang dipakai untuk melakukan evaluasi karyawan. Informasi ketidakhadiran dalam satu bulan mempengaruhi pemotongan uang makan dan seterusnya.

Dalam organisasi perusahaan yang bersifat vertical, makin ke bawah makin bergelut dengan data, sedangkan bagian atas manajemen atau biasa disebut top management akan melihat informasi sebagai bagian dalam mengambil keputusan bisnis.

Program ERP atau Enterprise Resources Planning menganalisa data proses bisnis dan menyajikan informasi sebagai dasar keputusan bisnis selanjutnya. Keputusan bisnis ini antara lain focus pada produk tertentu, fokus pada area tertentu,  menambah pemasaran dan keputusan-keputusan bisnis lainnya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Perbedaan data dengan informasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday