Pendekatan ergonomi dalam perancangan pekerjaan berhubungan dengan pergerakan tubuh pekerja, oleh sebab itu sering kali disebut juga dengan pendekatan biologis. Dalam pendekatan ergonomi ini perusahaan akan mempertimbangkan hubungan antara karakteristik fisik tubuh pekerja dengan lingkungan fisik perusahaan. Tujuan dari pendekatan ini adalah mengurangi ketegangan dan kelelahan dalam pekerja menjalankan pekerjaannya. Pengurangan kelelahan secara fisik, meniadakan rasa sakit, meniadakan kecelakaan kerja dan mengurangi gangguan kesehatan merupakan target dari pendekatan ergonomi.

Dalam praktek di lingkungan kerja perusahaan, pendekatan biologis ini dilakukan dalam perancangan peralatan kerja sebagai contoh adalah perancangan kursi dan meja yang digunakan karyawan. Perusahaan akan merancang agar karyawan dapat duduk dengan nyaman dan juga menggunakan meja dengan nyaman. Ini berarti perancangan tinggi kursi, perancangan tinggi meja, perancangan tinggi meja, perancangan lebar meja, peletakan laptop, peletakan printer, penggunaan karpet dan seterusnya.

Di tingkat proses produksi dalam industri manufaktur, perusahaan perlu merancang agar pengoperasian mesin dilakukan nyaman sesuai karakteristik tubuh manusia. Perusahaan juga perlu merancang agar dalam mengoperasikan beberapa mesin, pergerakan badan antara satu mesin dengan mesin lainnya dilakukan dengan nyaman, efektif dan efisien.

Dalam praktek di lapangan, karyawan perlu didorong untuk dapat inovasi kerja sehingga pekerja dapat bekerja dengan nyaman serta menghasilkan produktifitas yang tinggi. Pekerja yang dapat memberikan satu terobosan dalam melakukan pekerjaan perlu diberikan penghargaan terutama penghargaan secara moral dan kalau memungkinkan juga diberikan penghargaan secara finansial.

Pendekatan ergonomis ini bisa diaplikasikan dengan pendekatan-pendekatan yang telah kita bahas sebelumnya dalam perancangan pekerjaan. Pendekatan ergonomis yang baik akan menambah kenyamanan pekerja, meningkatkan efektifitas, meningkatkan efisiensi dan menambah kepuasan bekerja pada karyawan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pendekatan ergonomi dalam merancang pekerjaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday