Kadang-kadang terjadi suatu kondisi di mana client lancar saat mengirimkan email, tetapi rekan yang dikirimi email belum menerima. Di sini akan dijelaskan bagaimana menangani masalah ini.

  1. Program yang dipakai
    Kita harus tahu program apa yang dia pakai saat mengirim email.
    Jika memakai email client seperti Outlook, Outlook Express atau Thunderbird, kita harus tahu setting SMTPnya.
    Jika SMTPnya ternyata memakai SMTP dari ISP berarti dia tidak memakai server kita, dan kita tidak mempunyai kemampuan apa-apa untuk mentrace. Dalam kasus ini, minta client kita tersebut memakai setting SMTP server kita seperti yang kita tentukan.
    Jika client kita memakai webmail, maka berarti memakai server kita.
  2. Attachment
    Setelah client sudah memakai SMTP kita, kita perlu menanyakan apakah saat mengirimkan memakai attachment yang besar. Jika ternyata memakai attachment yang besar, maka kecepatan pengiriman tergantung kondisi network dari server kita dan server tujuan.
    Untuk mengatasi hal ini, file bisa dishare dulu di www.prowebshare.com seperti dijelaskan dalam http://www.proweb.co.id/articles/support/sharing_file_melalui_web_prowebshare_com.html
  3. Email tujuan
    Langkah berikutnya adalah mengidentifikasi email tujuan. Kita akan menanyakan ke email saja pengiriman lambat. Dari daftar email yang lambat tersebut kita bisa memutuskan apakah masalah di server kita ataukan di server penerima. Jika terjadi ke banyak domain, maka berarti masalah terjadi di server kita. Jika terjadi di email tertentu, berarti masalah terjadi di server penerima.
    Jika masalah terjadi di server kita, kita harus mentrace akar permasalahan, apakah di network ataupun di server kita. Jika terjadi di network kita harus bisa menentukan dan menyelesaikan masalah di mana network yang bermasalah. Begitupun juga di server, kita bisa melakukan restart server untuk membersihkan hal-hal yang mengganggu di dalam server kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Menangani email lambat sampai
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday