Dalam memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan-pelanggannya, suatu perusahaan harus mempunyai sarana supaya pelanggan/client mudah menghubungi perusahaan. Salah satu sarana yang cukup baik baik disisi perusahaan maupun di sisi pelanggan adalah dengan chatting online. Ada 2 tipe chatting online yaitu melalui program messenger atau melalui chatting melalui web.

  1. Melalui program messenger
    Program messenger yang banyak dipakai antara lain Yahoo Messeger, dan MSN Messenger. Untuk chatting dengan Yahoo Messenger atau MSN, client harus juga mempunyai account Yahoo Messenger atau MSN Messenger.
  2. Chatting melalui web
    Chatting melalui web ini lebih fleksibel karena client tidak perlu mempunyai account di website manapun. Penyedia jasa ini adalah www.providesupport.com (berbayar) atau www.comm100.com (free). Dua layanan ini juga menyediakan fasilitas untuk melihat secara realtime pengunjung yang sedang membaca website kita. Pilihan mengenai berbayar atau tidak merupakan kebijakan masing-masing perusahaan.
    Yahoo Messenger juga bisa dikonfigure untuk chatting melalui web, hal ini dikenal Pingbox. Tetapi kelemahan Pingbox adalah saat Yahoo Messengernya offline, client tidak bisa mengirimkan offline message.
    Livezilla www.livezilla.com juga menyediakan layanan untuk chatting online, ada versi berbayar dan free. Yang berbayar memuat lebih banyak informasi mengenai pengunjung. Tergantung budget dan kebutuhan anda, anda bisa memilih yang tepat.

Kedua jenis chatting tersebut mempunyai pemakai sendiri-sendiri. Bagi client yang terbiasa memakai Yahoo Messenger akan lebih senang menghubungi kita melalui Yahoo Messenger, tetapi client yang tidak terbiasa dengan Yahoo Messenger akan lebih memilik ke chatting melalui web. Dalam memberikan layanan yang maksimal, website perlu menyediakan 2 tipe chatting tersebut untuk memberikan support kepada pelanggan-pelanggannya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Chatting online untuk support
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday