Ada kesempatan pada saat resesi, atau peluang saat resesi. Sekilas kata-kata tersebut seperti slogan atau kalimat motivator biasa, tapi ternyata memang benar paling tidak  bagi praktisi HRM (Human Resources Management) dalam mencari dan menarik kandidat terbaik untuk bekerja di perusahaannya. Mengapa bisa demikian ?

Pada saat kondisi ekonomi membaik, perusahaan-perusahaan mungkin berlomba-lomba mendapatkan karyawam yang berpengetahuan tinggi, memiliki kecakapan kerja yang tinggi dan juga memiliki keahlian yang tinggi. Masing-masing perusahaan menempatkan orang-orang terbaiknya di berbagai departemen di perusahaannya.

Pada contoh di atas adalah kondisi pada saat ekonomi membaik. Bagaimanakah situasi jika ekonomi memburuk atau pada saat resesi ? Di bawah ini kita akan menganalisa situasi angkatan kerja pada saat resesi atau pada saat ekonomi memburuk.

Pada saat ekonomi memburuk ada beberapa atau mungkin banyak perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan.
Karyawan yang bekerja pada perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan mungkin dapat membaca keadaan perusahaannya. Karyawawan ini kemudian gelisah dan merasa masa depannya terancam dan mungkin akan mencari perusahaan lain yang lebih kelihatan bonafide.

Pada saat resesi mungkin ada beberapa perusahaan yang sudah kuat dan sudah mengantisipasi resesi sehingga tetap bertahan bahkan kelihatan lebih cemerlang. Perusahaan yang sedang cemerlang ini dapat merekrut karyawan-karyawan terbaik dari perusahaan-perusahaan lain yang sedang mengalami krisis keuangan. Bisa dibayangkan apa yang bisa terjadi, kandidat terbaik akan pindah dari perusahaan yang sedang kesulitan keuangan ke perusahaan yang cemerlang.

Dari analisa di atas pada saat resesi maka kualitas sumber daya manusia perusahaan yang kena resesi akan menurun, sedangkan kualitas sumber daya manusia pada perusahaan yang cemerlang akan meningkat. Dengan demikian perusahaan yang cemerlang akan semakin memenangkan persaingan. Inilah yang disebut sebagai resesi sebagai peluang mendapatkan kandidat terbaik.

Tentu saja perusahaan yang cemerlang harus menjalankan rekrumen ini dengan etika yang baik misalnya dengan memasang iklan lowongan kerja di tempat yang banyak dijangkau pencari kerja. Perusahaan tidak boleh menghubungi secara langsung baik dengan email atau menelpon kandidat secara langsung sebelum mengirim lamaran kerja.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Resesi sebagai peluang menarik kandidat terbaik
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday