Kinerja keuangan secara umum menjadi tolak ukur kesehatan suatu perusahaan. Kinerja keuangan ini dituangkan dalam sistem akuntansi (accounting system).

Pengguna sistem akuntansi ada dari pihak internal (internal decision maker) dan pihak luar (external decision maker). Pihak dalam adalah manajer perusahaan yang ingin mengetahui kinerja departeman yang dipimpinnya. Pengguna dari luar adalah pemberi pinjaman dan pemegang saham.

Manager perusahaan, pemberi pinjaman dan pemegang saham mempunyai kepentingan memantu kinerja perusahaan. Dengan menggunakan sistem akuntansi yang dijalankan perusahaan mereka akan memantau aktivitas keuangan terkait:

  1. Aktivitas pembiayaan (Financing activities)
    Salah satu sumber pembiayaan perusahaan adalah hutang. Pada aktivitas keuangan ini kita akan melihat hutang perusahaan dan aktivitas membayar cicilan hutang.
    Pada aktivitas pembiayaan ini juga akan disajikan pembagian dividen.
  2. Aktivitas investasi (Investing activities)
    Dalam informasi terkait investasi maka akan disajikan informasi kinerja investasi yang telah dilakukan misalnya pembelian pabrik, pembelian mesin-mesin pabrik.
  3. Aktivitas operasional perusahaan (Operating Activities)
    Dalam aktivitas operasional perusahaan ini kita akan melihat sajian penerimaan, penerimaan bersih, laba sebelum pajak hingga laba setelah pajak

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Sistem akuntansi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday