Kita mungkin pernah mengalami ada suatu website yang membuat server kita sibuk. Dan parahnya lagi buka kita yang membuat website itu sehingga kita tidak berhak otak-atik website tersebut. Kita mau mematikan website tersebut tidak enak, tapi kalau website tersebut dihidupkan server menjadi sibuk dan client-client lain akan teriak. Terus bagaimana mengatasinya ?

Puji Tuhan, ada seting PHP-FPM di dalam WHM cPanel. Apa itu PHP-FPM?
Kalau dari website yang ada di https://php-fpm.org/ menyatakan bahwa kepanjangan dari FPM adalah FastCGI Process Manager. Dengan demikian maka dengan PHP-FPM ini merupakan manajemen proses yang akan ditangani oleh PHP.

Kemudian bagaimana sisi praktis kita melakukan manajemen resources hosting kita ? Untuk melakukan manajemen resources pada hosting kita menggunakan PHP-FPM ini kita dapat masuk ke WHM – Software – MultiPHP Manager atau kita juga melakukan search dengan kata multiPHP dan dengan mudah menemukan MultiPHP Manager.

Dari MultiPHP Manager silahkan pilih situs yang akan anda manage karena situs tersebut menguras CPU atau menguras memory server hosting anda. Silhkan aktifkan PHP-FPM untuk situs yang membuat server sibuk tersebut, dan lakukan edit.
Kita dapat melakukan manajemen pada
a. Max Requests, di mana makin banyak tentu makin membebani server kita
b. Process Idle Timeout, di mana makin kecil maka makin membebani server
c. Max Children, di mana makin besar makin membebani server

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://php-fpm.org/
2. https://secure.php.net/manual/en/install.fpm.configuration.php

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Manajemen resources hosting dengan PHP FPM
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday