Mungkin kita pernah melihat informasi yang salah pada informasi quota email yang telah dipakai pada suatu account cPanel. Informasi tersebut berbeda dengan informasi yang ada disk usage. Bahkan kalau kita masuk menggunakan shell dan melakukan ‘du –max-depth=1’ hasilnya juga berbeda dengan informasi usage / quota / %.

Sebenarnya informasi ini ada pada file maildirsize pada folder email yang bersangkutan. Banyak tutorial yang meminta menghapus file ini kemudian mengubah quota email tersebut. Saya mencoba cara tersebut dan tidak berhasil. Memang file tersebut tercreate ulang saat mengubah quota dan juga saat ada aktivitas email, tetapi saya lihat informasi masih kurang valid.

Saya mencoba menggunakan utility /scripts/fixquotas tetapi masih gagal juga. Meskipun demikian saya terus mencari solusi dengan melakukan pencarian di mesin pencari Google. Dan puji Tuhan, saya menemukan solusinya.

Setelah saya mencari-cari lagi informasinya di internet, saya menemukan solusi di https://forums.cpanel.net/threads/incorrect-mailbox-size-reported-in-cpanel.401091/ . Solusinya adalah memaksa cPanel melakukan perhitungan ulang dengan perintah:

/scripts/generate_maildirsize --confirm --allaccounts --verbose usercpanel

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Menangani usage email salah di cPanel
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday