Pada digital security atau keamanan digital kita mengenal CIA TRIAD yang merupakan pondasi kuat tiga prisip yang akan menguatkan landscape digital.

Confidentiality, Integrity dan Availability atau CIA Triad dalam keamanan siber adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Confidentiality atau kerahasiaan
    Confidelity akan akan memastikan informasi sensitif terlindungi dengan baik dan hanya dapat diakses oleh orang yang berhak. Prinsip kerahasiaan ini akan melindungi rahasia dagang, data pribadi dan kerahasiaaan lainnya. Akses ke informasi memerlukan otorisasi dan penyimpanan data ini perlu adanya enkripsi.
  2. Integrity atau integritas
    Prinsip integritas ini menekankan pada integritas informasi, di mana informasi dan datanya akurat dan tidak ada yang mengubah. Prinsip integrity ini harus mampu mencegah pengubahan yang tidak sah sehingga informasi dan data tetap akurat dan dapat dipercaya. Untuk memverifikasi keakuratan data maka bisa dilakukan dengan hashing SHA1 atau MD5.
  3. Availability atau ketersediaan
    Prinsip availability atau ketersediaan ini akan memastikan bahwa aset digial dan layanan perusahaan dapat diakses kapan saja dibutuhkan. Dengan prinsip ketersediaan ini maka akan memastikan bahwa sistem akan selalu online, data dan layanan dapat diakses kapan saja dibutuhkan

CIA Triad ini akan bekerja sama dengan harmonis dan membuat pertahanan yang kokoh dari serangan siber. CIA Troad akan membentuk sistem yang aman dan melindungi aset digital dengan kerahasiaan, keakuratan dan ketersediaan yang tinggi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Confidentiality, Integrity dan Availability atau CIA Triad pada Keamanan Siber
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday