Non Repudiasi atau anti penyangkalan yang akan mencegah penyangkalan suatu tindakan sehingga meningkatkan kehandalan di dalam komunikasi secara elektronik dan juga transaksi elektronik. Peran non-repudiation ini akan meningkatkan kepercayaan dan akuntabilitas atau kekebertanggungjawaban dalam era digital ini. Non repudiasi ini merupakan kebutuhan yang penting untuk menunjukkan siapa yang bertanggung jawab dalam menjalankan suatu aktifitas.

Contoh penggunaan non repudiasi adalah digital signature pada pengiriman email di mana adanya suatu proses verifikasi bahwa orang tersebut benar-benar yang mengirimkan email.

Tiga aspek non repudiasi dalam cyber security atau keamanan siber adalah

  1. Digital signature atau tanda tangan digital
    Dengan identifikasi melalui kriptografi maka kita dapat mengkonfirmasi identitas pengirim dan juga memastikan keakuratan dari pesan yang dikirimkan.
  2. Audit trail atau jejak audit
    Pencatatan kronologis langkah-langkah aktifitas merupakan hal penting untuk menelusuri suatu kejadian dan kemudian dapat menetapkan siapa saja yang terlibat dalam kejadian ini.
    Dalam ecommerce, non repudiasi menghalangi potensi penyangkalan suatu proses dalam transaksi online sehingga mengokohkan pondasi dalam perdagangan elektronik.
  3. Access control
    Tiga bagian dalam kontrol akses adalah identifikasi pelaku, otentifikasi untuk verifikasi identotas dan memberikan otorisasi untuk menjalankan suatu proses misalnya transaksi

    Tiga bagian access control adalah

    a. Identifikasi
    Proses identifikasi pada dunia perbankan misalnya nomor akun, nomor kartu, usernama, atau biometrik misalnya finger print atau pemindaian wajah.

    b. Otentifikasi
    Pada otentifikasi ini kita akan melakukan proses verifikasi apakah pelaku memang pemilik identitas tersebut. Proses otentifikasi  ini antara lain memasukkan PIN, memasukkan password, memasukkan finger print atau pengenalan wajah.

    c. Otorisasi
    Setelah melewati proses otentifikasi maka sistem akan melanjutkan ke proses otorisasi sesuai dengan grup dari user ini. Pada proses otorisasi ini user akan diberikan akses dan permisi sesuai dengan grup dari user ini

Dengan adanya proses-proses anti penyangkalan atau non-repudiation ini maka transaksi elektronik akan makin kokoh dan menguatkan cyber security atau keamanan siber.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Non Repudiasi pada Cyber Security
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday