Secure Email Services

Selanjutnya kita akan membaca log dari Dovecot dan kita akan membaca log POP3 dan IMAP yang berhasil dan juga log yang gagal karena salah username atau password

Untuk membaca log Dovecot pada DirectAdmin adalah

  1. Masuk ke menu System Info & Files – Log Viewer
  2. Melihat System Mail Log di /var/log/maillog dengan contoh hasil

    Sep 25 08:15:42 mail dovecot[18861]: pop3-login: Login: user=<arisg@suatuweb.co.id>, method=PLAIN, rip=182.2.169.5, lip=74.117.153.190, mpid=12627, TLS, session=
    Sep 25 08:15:48 mail dovecot[18861]: pop3(arisg@suatuweb.co.id)<12627>: Disconnected: Logged out top=0/0, retr=12/28540, del=0/15, size=37202, bytes=126/29085

    Sep 25 08:58:02 mail dovecot[18861]: imap-login: Login: user=<arisg@suatuweb.co.id>, method=PLAIN, rip=182.2.169.5, lip=74.117.153.190, mpid=13518, TLS, session=<er6cgx+ww3u2AqkF>
    Sep 25 08:58:03 mail dovecot[18861]: imap(arisg@suatuweb.co.id)<13518><er6cgx+ww3u2AqkF>: Connection closed (SELECT finished 0.312 secs ago) in=127 out=1053 deleted=0 expunged=0 trashed=0 hdr_count=0 hdr_bytes=0 body_count=0 body_bytes=0

    Sep 25 09:12:04 mail dovecot[18861]: auth: passwd-file(aris@suatuweb.co.id,115.178.210.113,<qwLVtR+wV/5zstJx>): unknown user
    Sep 25 09:12:11 mail dovecot[18861]: pop3-login: Disconnected (auth failed, 1 attempts in 7 secs): user=<aris@suatuweb.co.id>, method=PLAIN, rip=115.178.210.113, lip=74.117.153.190, TLS, session=<qwLVtR+wV/5zstJx>

    Terlihat pada log tersebut ada koneksi yang berhasil pada POP3, koneksi yang berhasil pada IMAP dan koneksi yang gagal pada POP3.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.dovecot.org/ .
2. https://doc.dovecot.org/ .
3. https://doc.dovecot.org/configuration_manual/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Membaca Log Dovecot pada DirectAdmin
× Ada yang dapat saya bantu ?