Dalam dunia bisnis kita mengenail tiga jenis organisasi bisnis. Ketiga jenis organisasi bisnis itu adalah perorangan, persekutuan, dan perseroan terbatas. Berikut akan dijelaskan ketiga organisasi bisnis itu

  1. Perorangan
    Bisnis yang bersifat perorangan mudah didirikan dan juga mudah dibubarkan.
    Dalam pembiayaan dibiayai oleh yang bersangkutan. Jika usaha dengan sistem perorangan bangkrut dan mempunyai hutang, harta pribadi akan ikut digunakan untuk melunasi hutang-hutangnya.
  2. Persekutuan
    Bisnis persekutuan adalah gabungan dari beberapa orang. Pendiriannya juga mudah dan mudah juga dibubarkan.
    Jika terjadi bangkrut dan ada hutang, harta pribadi anggota persekutuan dapat diambil untuk melunasi hutang-hutang persekutuan
  3. Perseroan terbatas
    Organisasi bisnis dengan Perseroan Terbatas atau PT pengurusan pembuatannya relatif lebih sulit dibandung perorangan dan persekutuan. Pelaku bisnis yang mau mendirikan badan usaha PT ini harus mengurus TDP (Tanda Daftar Perusahaan), SIUP (Surat Ijin Usaha Perusahaan), NPWP(Nomor Pokok Wajib Pajak) , Akta Notaris, keterangan domisili dan persyaratan lain. Meskipun demikian ada jasa yang menyediakan kepengurusan ini sehingga mempermudah pengurusan dokumen-dokumen ini.

    Dalam operasional perusahaan, perseroan terbatas harus benar-benar melakukan pembukuan yang baik untuk usahanya. Perusahaan bisa merekrut seorang lulusan Akuntansi atau menyerahkan pembukuan kepada biro jasa pembukuan dan pajak.

Secara umum, mendirikan usaha dengan berbentuk Perseroan Terbatas atau PT lebih baik dibandingkan perorangan atau persekutuan. Dari sis fleksibilitas, PT dapat melakukan bisnis dengan perusahaan mana saja. Dari segi profesionalitas, PT lebih terlihat profesional dibandingkan perorangan dan persekutuan. Dilihat dari resiko, resikonya adalah sebesar modal yang ditanamkan dalam PT tersebut, harta pribadi tidak akan diambil jika ada permasalahan di PT-nya. Tentu saja kita harus mengelola secara profesional Perseoran Terbatas yang sudah kita dirikan supaya semakin maju dan membuka banyak lapangan pekerjaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jenis organisasi bisnis
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday