ATP adalah kependekan dari Available to Promise, menunjukkan waktu pengiriman yang dijanjikan terhadap order penjualan yang diterima dari pelanggan. Menentukan available to promise date mempertimbangkan stock barang siap dijual saat ini, perkiraan produksi dan juga jadwal produksi.

Komitmen dan ketepatan waktu  pengiriman barang susuai ATP (Available to Promise) menentukan kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang dapat memenuhi pengiriman barang sesuai ATP akan meningkatkan kredibilitas perusahaan, sebaliknya perusahaan yang terlambat melayani sesuai ATP akan mengurangi kredibilitas perusahaan, mengurangi kepuasan pelanggan dan terancam digantikan vendor yang lain.

Untuk meningkatkan tercapainya ATP sesuai waktu, vendor/supplier dapat bekerjasama dengan pelanggannya. Caranya adalah dengan memberikan vendor akses ke sistem pelanggan untuk melihat stock yang ada. Dengan vendor melihat stock yang ada di pelanggan, maka vendor akan membuat rencana produksi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Penggunaan aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning) di sisi pelanggan yang dapat diakses vendor akan membuat perkiraan ATP lebih akurat dan punya peluang lebih memberikan kepuasan kepada pelanggan. Dan tentu saja, untuk membuat proses produksi di vendor lebih efisien, vendor juga diharapkan menerapkan aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning).

Tentu saja, selain ATP kita juga harus menjaga kualitas barang yang dikirim dan kualitas komunikasi antara vendor dan pelanggan untuk kelangsungan bisnis yang berkelanjutan.

Referensi:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Available-to-promise .
2. http://www.lean-manufacturing-japan.com/scm-terminology/atp-available-to-promise.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian ATP (Available to Promise)
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday