Perusahan yang sadar akan pentingnya mengetahui posisi perusahaan dalam dalam waktu yang cepat  akan menintegrasikan seluruh proses bisnis ke dalam sebuah database yang terintegrasi. Ini dapat dijalankan dengan menerapkan aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning).

Perusahaan akan menerapkan ERP dari ujung depan ke ujung belakang. Dari customer service hingga pengiriman.

Dimulai dengan team sales menerima order, bagian produksi melakukan proses produksi, bagian delivery mengirimkan barang, bagian keuangan mengirimkan tagihan, kasir menerima pembayaran dan bagian keuangan mencatat pembayaran semua dilakukan secara komputerisasi dengan menggunakan database yang sama.

Begitu juga bagian pembelian, penerimaan barang, penerimaan invoice dari vendor dan bagian pembayaran menggunakan database yang sama dengan bagian sebelumnya.

Dengan demikian maka semua lini menggunakan database yang sama dan terintegrasi. Dengan database yang sama dan terintegrasi ini kita dapat langsung mengetahui posisi keuangan perusahaan dan juga langsung dapat menganalisa untung rugi perusahaan.

Analisa yang lebih lanjut adalah bisa menganalisa produk mana yang memberikan keuntungan besar, wilayah mana yang memberikan keuntungan lebih banyak. Dengan adanya informasi ini kita dapat mengambil langkah yang lebih tepat dan cepat dibandingkan dengan pesaing yang tidak menerapkan ERP.

Dengan ERP kita juga dapat menilai vendor mana yang cepat melakukan pengiriman, vendor mana yang barangnya selalu bagus, sales mana yang paling banyak memberikan kontribusi kepada perusahaan.

Dengan penjelasan di atas, jika perusahaan ingin dapat bersaing dalam era informasi ini harus menerpkan ERP untuk efektifitas dan efisiensi perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Perusahaan menerapkan ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday