VNC atau Virtual Network Computing adalah serangkaian perangkat lunak atau sotware yang digunakan untuk menampilkan tampilan X windows session  yang sedang berjalan pada remote computer. Proses eksekusi perintah berjalan pada remote server, kemudian tampilan X Windowsnya ditampilkan pada komputer lokal.

Dalam proses VNC ini ada VNC server dan VNC client. Pada VNC server harus diinstal X Windows Server dan VNC server. Pada client tentu saja harus diinstall VNC client.  Untuk X Windows server kita dapat mengunakan KDE atau GNOME. Kedua desktop Linux ini masing-masing mempunyai kelebihan.

GNOME:
KDE dan GNOME sama-sama gratis, tetapi GNOME merupakan open source dan mungkin itu yang menyebabkan sebuah vendor besar Linux menggunakan GNOME sebagai default Desktop X Windowsnya. Untuk instalasi GNOME pada Linux Centos 6 Minimal dapat dibaca di
http://www.idevelopment.info/data/Unix/Linux/LINUX_AddGNOMEToCentOSMinimalInstall.shtml . Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai GNOME silahkan mengunjungi http://www.gnome.org/ .

KDE:
KDE lebih dekat dengan Qt sehingga diperkirakan lebih mudah mengaplikasikan aplikasi multi platform QT (http://qt-project.org/)  diaplikasikan pada desktop KDE.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai KDE silahkan mengunjungi http://www.kde.org/ .

Artikel selanjutnya yaitu instalasi Tiger VNC server dapat dibaca di http://www.proweb.co.id/articles/erp/tiger_vnc_server_centos.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

VNC (Virtual Network Computing)
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday