Pengertian keamanan informasi adalah proses pengamanan data dan informasi baik pada saat pemrosesan, penyimpanan data dan pengiriman data. Pengamanan data ini untuk memastikan data terlindungi dari akses yang tidak sah. Perusahaana perlu melakukan perlindungan data ini karena data dan informasi ini merupakan aset penting dari perusahaan.

Berkaitan dengan pembocoran data perusahaan, seorang hacker memiliki motivasi dan tujuan. Ada yang motivasinya melakukan protes kepada perusahaan, ada yang motivasinya ingin mengganggu operasional perusahaan, ada yang motivasinya ingin mencuri data perusahaan dan ada yang memiliki motivasi keuangan yaitu meminta tebusan.

Berawal dari salah satu atau beberapa motivasi yang telah disebutkan di atas maka hacker akan menggunakan berbagai tools, strategi dan metodologi untuk mencari kekurangan dari sistem yang dituju.

Keamanan informasi merupakan bagian dari manajemen resiko. Keamanan informasi ini berkaitan dengan CIA triad yaitu confidentiality, integrity dan availability. Perusahaan perlu melakukan pengamanan data dan informasi agar data dan informasi hanya diakses oleh yang berhak, data utuh tidak berubah secara tidak sah dan selalu tersedia kapan saja dibutuhkan. Ketiga komponen dari CIA triad ini akan melindungi data dan informasi dari serangan siber yang antara lain akses ilegal, penggunaan data secara ilegal, pencurian data, dan perusakan informasi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Keamanan Informasi Dalam Ethical Hacking
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday