Pada artikel sebelumnya kita telah membahas konsep mengenai kosep dari firewalld di mana firewalld ini memiliki 3 lapisan yaitu D-Bus, Core, dan Backends. Pada lapisan D-Bus ini dapat menerima instruksi dari 3 command line yaitu firewall-cmd, firewall-config dan firewall-applet.

Berikut penjelasan mengenai command-command line tersebut

  1. firewall-cmd
    Perintah firewalld-cmd merupakan perintah utama untuk firewalld. Dengan perintah firewalld-cmd kita dapat memperoleh status firewalld, mengetahui konfigurasi yang sedang dijalankan firewalld dan juga permanent environmentnya.
    Informasi lebih lanjut mengenai firewalld-cmd silahkan mengunjungi https://firewalld.org/documentation/utilities/firewall-cmd.html dan https://firewalld.org/documentation/man-pages/firewall-cmd .
  2. firewall-config
    Tool  firewall-config ini merupakan tool dengan graphical user interface untuk firewalld.
    Informasi lebih lanjut firewall-config silahkan mengunjungi https://firewalld.org/documentation/utilities/firewall-config.html  dan https://firewalld.org/documentation/man-pages/firewall-config .
  3. firewall-applet
    Tool firewall-applet ini akan memberikan informasi mengenai konfigurasi firewalld. Informasi lebih lenjut mengenai firewall-applet silahkan mengunjungi https://firewalld.org/documentation/utilities/firewall-applet.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Perintah-perintah dalam firewalld