Mendapatkan sebuah project secara terus-menerus adalah impian dari setiap perusahaan. Apalagi project tersebut adalah project yang cukup besar. Project yang dimaksud disini adalah sebuah pekerjaan yang lebih bergerak dibidang jasa. Perlu diketahui, perusahaan yang bergerak dibidang jasa biasanya mereka mengatur pekerjaan berdasarkan timeline. Timeline ini yang menentukan bagaimana sebuah project selesai tepat pada waktunya.

Mengatur timeline dalam pekerjaan, tidak semudah kita membuat jadwal kuliah seperti mahasiswa pada umumnya. Karena kita harus tahu bagaimana tingkat kesulitan dari sebuah project yang akan kita selesaikan. Beberapa tips bagi anda yang ingin membuat timeline, baik untuk diri anda sendiri ataupun untuk perusahaan anda.

  1. Project Sebelumnya
    Jika sebelumnya anda telah mempunyai project yang saat ini sedang dikerjakan, hendak lah dimasukkan dalam list timeline anda. Pastikan waktu penyelesaiannya, dan jangan menganggap remeh project yang sedang berjalan.
  2. Tingkat Kesulitan
    Pada saat anda mendapatkan sebuah project baru, anda harus memastikan tingkat kesulitan dari sebuah project tersebut. Ini bisa tergambar dari pembicaraan dengan calon client anda. Jangan sampai hanya karena ingin mendapatkan pemasukkan untuk perusahaan, anda mengabaikan hal yang satu ini. Sehingga timeline yang anda buat tidak akan menyulitkan team atau diri anda sendiri.
  3. Target per Bulan
    Sebuah project memang tidak bisa diprediksi. Kadang banyak, kadang juga sedikit. Tapi paling tidak, anda mempunyai target per bulan untuk sebuah project yang baru. Intinya adalah jangan terlalu memaksakan kehendak anda (serakah) dalam mengambil project. Karena anda waktu anda juga bukan hanya di pekerjaan. Anda harus bagi waktu dengan keluarga, jalan-jalan, dll. Solusi ini juga sebagai antisipasi untuk menahan diri anda agar tidak menerima project lain jika target per bulan sudah terpenuhi. Kecuali jika client anda mau dijadikan antrian project untuk bulan berikutnya.
  4. Kordinasi dengan Team
    Ini salah satu yang menjadi penting jika memang timeline anda mau selesai tepat waktu. Mengapa? Karena anda harus bisa membagi-bagi tugas dengan baik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh team tersebut. Dalam hal ini, berarti anda menjadi seorang leader. Rajin berkomunikasi agar tidak ada yang miss dalam pengerjaan project tersebut.
  5. Kordinasi dengan Client
    Penting nya kordinasi dengan client adalah untuk memberitahukan sejauh mana project ini berjalan. Anda juga harus tetap berkomunikasi dengan client anda. Pastikan tidak ada yang terlewat tugas-tugas anda dan client yang telah disepakati. Sekali ada waktu yang molor, maka timeline project yang lain akan mundur.

Beberapa solusi diatas, mungkin terlihat mudah. Tapi jangan salah, coba lakukan hal ini kepada diri anda. Jika memang anda berhasil, berarti jabatan Project Manager tidak salah ada pada diri anda.

Tetap semangat dan sisihkan waktu untuk orang-orang yang anda sayangi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengatur Timeline dengan bijak
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday