Sering kita mendengar permintaan calon client : ‘Saya ingin masuk di top 10 Google’. Berikut kami akan memberikan jawaban.

Jawaban singkatnya : website kita harus mempunyai halaman lebih banyak dibanding website pesaing-pesaing kita.

Google mempunyai bisnis pencarian. Hasil pencarian paling relevan akan masuk di tempat atas. Untuk masuk di tempat teratas ini website kita harus memiliki content yang lebih baik dibandingkan dengan website lain yang sama-sama memperebutkan keyword tersebut. Untuk itu kita harus lebih dahulu mengetahui seberapa besar persaingan keyword tersebut. Kita harus mengukur diri kita keyword manakah yang kita bisa bertarung dan keyword mana yang kita tidak mungkin menang.

Pertama-tama sebelum suatu website masuk di top 10 Google, kita harus mengetikkan suatu keyword tertentu. Keyword ini bisa umum/luas atau bisa makin khusus/sempit. Sebagai contoh kita keyword ‘web’  termasuk kategori sangat luas, keyword ‘web design’  termasuk kategori luas, ‘jasa web design’ termasuk kategori sempit, dan ‘jasa web design di jakarta’ termasuk kategori lebih sempit lagi.

Hasil searching dengan keyword ‘web’ menghasilkan hasil pencarian: 8.320.000.000 . Berarti tingkat persaingan keyword ‘web’ sebesar 8,32 milyar website. Kemudian kalau kita perhatikan hampir seluruh halaman memakai frase ‘web’. Boleh dikatakan bahwa 8,32 milyar website mengoptimalkan frase ‘web’.

Hasil searching dengan keyword ‘web design’ menghasilkan 1.040.000.000 hasil pencarian. Berarti tingkat persaingan keyword ‘web design’ sebesar 1,04 milyar. Pada kasus ini sampai halaman 10, frase ‘web design’ masih dijumpai. Ini berarti persaingan sampai halaman 10 pun masih sangat tinggi.

Hasil searching dengan keyword ‘jasa web design’ akan menghasilkan 8.500.000 hasil pencarian. Berarti tingkat persaingan keyword ‘jasa web design’ sebesar 8,5 juta. Kalau kita perhatikan dalam hasil pencarian, pada halaman 1 dan 2, tidak semua judul memakai frase ‘jasa web design’. Berarti kita masih memiliki kesempatan mengoptimalkan keyword ini.

Hasil searching dengan keyword ‘jasa web design di jakarta’ menghasilkan 7.010.000 . Berarti tingkat persaingan keyword sebesar ini sebesar 7,01 juta. Kalau kita perhatikan dalam hasil pencarian pada halaman 1 , tidak ada judul memakai frase ‘jasa web design’. Berarti kita masih memiliki kesempatan mengoptimalkan keyword ini.

Dengan data di atas kita melihat makin umum/luas suatu keyword maka persaingan akan semakin sengit. Dari data di atas kita akan sulit sekali memenangkan keyword ‘web’. Untuk keyword lain kita dapat memenangkan persaingan keyword  dengan syarat website kita mempunyai content yang lebih bagus dibandingkan dengan website lain yang sudah mengoptimalkan keyword tersebut. Untuk setiap keyword misalnya ‘jasa web design’, website harus mempunyai content yang lebih kaya dibandingkan website lain yang juga yang judul halamannya memakai keyword ‘web design’. Jumlah halaman yang ada di website kita harus lebih banyak daripada masing-masing website yang juga mengoptimalkan keyword ‘jasa web design’.

Secara praktis kita harus menghitung jumlah halaman website lain yang juga mengoptimalkan keyword tersebut. Untuk mengetahuinya kita bisa melakukan searching dengan format site:namaweb. Misal www.prowebpro.com memenangkan keyword ‘jasa web design’. Untuk mengetahui jumlah halaman yang telah dibuat di www.prowebpro.com kita bisa melakukan search dengan site:prowebpro.com dan hasilnya sekitar 650 halaman. Jadi untuk memenangkan keyword ‘jasa web design’, kita harus membuat website dengan jumlah halaman lebih dari 650 halaman. Jika website kita sudah memiliki lebih dari 650 halaman, langkah selanjutnya adalah membuat artikel dengan judul ”Jasa web design’ dan diisi dengan content mengenai ‘jasa web design’. Dengan langkah ini kemungkinan besar website akan muncul di top 10 Google

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Masuk top 10 Google
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday