Dengan melakukan MySQL replication, kita dapat mengcopy isi database dari suatu server MySQL ke satu atau beberapa server MySQL yang lain.

Tujuan dari MySQL replication antara lain:

  1. Memecah pekerjaan antara beberapa MySQL server.
    Server MySQL utama menjalankan proses bisnis, server MySQL hasil replikasi menjalankan analisa data. Dengan cara ini saat MySQL replikasi melakukan analisa data yang mungkin menguras memory dan proses tidak akan mempengaruhi proses bisnis yang dijalankan.
  2. Realtime backup
    Hasil MySQL Replication bisa menjadi backup yang realtime. Meskipun demikian kita tetap harus membuat backup yang bersifat periodik.

Prinsip dari proses MySQL replication adalah:

  1. Database utama yang merupakan database master akan menulis jurnal updatenya pada log.
  2. Database slave akan melihat log yang dihasilkan oleh database master, membandingkan posisi updatenya, kemudian melakukan update sesuai dengan perbedaan posisi update.

Proses MySQL replication antara database master dan slave bisa dijalankan dalam jarak yang jauh, sehingga bisa menjadi sarana online realtime remote backup.

Untuk setting MysSQL replication silahkan membaca artikel http://www.proweb.co.id/articles/support/setting_mysql_replication.html .

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai MySQL replication silahkan mengunjungi http://dev.mysql.com/doc/refman/5.0/en/replication.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Konsep MySQL replication
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday