Untuk menghasilkan website yang baik harus ada quality control yang baik. Aspek-aspek penting dalam quality control dalam web development adalah

  1. Kerapian disain keseluruhan
    Kita harus memperhatikan keseluruhan disain mulai dari layout header, penempatan menu, daftar halaman, icon dan seterusnya. Pastikan disain yang kita buat serasi secara keseluruhan
  2. Kerapian content
    Pastikan content yang disajikan tersaji secara rapi. Perhatikan masalah perataan/alignment. Pastikan perataan yang dipilih dalam content terlihat rapi.
  3. Antisipasi data tabel.
    Dalam perkembangan selanjutnya content dalam tabel sangat mungkin ditambahkan. Pastikan css untuk tag <table> <thead> <tbody><tr> dan <td> sudah didefinisikan dengan baik.
  4. Efisiensi penayangan foto/gambar
    Pastikan ukuran image sesuai dengan image tampilan. Misalnya tampil di web terlihat 100 x 200 pixel maka ukuran image juga sama. Jangan sampai ukuran image 1000 x 2000 pixel tetapi di website tetap memakai image 1000 x 2000 tetapi ditampilkan dengan mode 100 x 200
  5. Efisiensi code HTML dan script
    Coba lakukan view source. Pastikan ganti baris dilakukan secara benar. Jika saat saving memilih mode yang salah (Windows/Unix) atau mode FTP nya text bisa terjadi saat view source terlihat kacau atau tiap ganti garis selalu ada dua baris.
  6. Navigasi
    Pastikan navigasi sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Prinsip dari navigasi yang baik adalah ada link yang mudah ke :
    – Semua menu utama
    – yang sejajar dengan halaman saat ini
    – 1 tingkat di atasnya (jika ada)
    – 1 tingkat di bawahnya (jika ada)
  7. Kemudahan CMS
    Pastikan bahwa CMS yang dibuat mudah digunakan
  8. Dokumentasi CMS
    Pastikan bahwa dokumentasi yang dibuat mudah dipahami
  9. Aspek fungsionalitas
    Pastikan aspek-aspek fungsi berfungsi dengan baik, misal link yang benar, form yang bisa disubmit, validasi yang benar dan seterusnya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Quality control dalam web development
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday