Kewirausahaan sering banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Semangat kewirausahaan harus diajarkan sejak dini. Pengajaran ini penting untuk mendidik manusia bisa mandiri. Kewirausahawan yang berhasil bisa mengatasi masalah pengangguran. Kewirausahaan ini tidak mudah karena menyangkut banyak hal seperti produk/jasa yang dijual, pemasaran/marketing, manajemen produksi, manajemen keuangan, berkaitan dengan legalitas hukum dan sebagainya. Berikut hal-hal yang terjadi berkaitan dengan keinginan untuk mempunyai usaha sendiri

  1. Ingin punya usaha tetapi tidak memiliki produk
    Banyak orang terinspirasi dengan kesuksesan orang lain dan ingin mempunyai usaha sendiri tetapi tidak mempunyai produk atau jasa yang mau dijual. Golongan ini mencari ide untuk usaha.
    Permasalahannya adalah tidak mudah mencari ide untuk usaha. Jika memang tidak punya ide, lebih baik menekuni pekerjaan yang selama ini dimiliki sampai suatu saat punya ide.
    Atau bisa juga menabung sejumlah uang untuk membeli suatu franchise usaha.
  2. Mempunyai produk tetapi tidak tahu harus bagaimana
    Jika ini yang terjadi, maka harus benar-benar membuat riset apakah produknya itu layak dijual.
    Jika ternyata produk layak akan dijual, akan muncul masalah baru yaitu bagaimana memasarkan.
    Jika ternyata produk ini dikerjakan melalui teamwork, memunculkan masalah baru yaitu bagaimana memimpin teamwork ini
    Jika teamwork sudah berjalan, kita menghadai ketidakpastian pasar, dan bingung bagaimana mengatasi keuangan.

Dalam melakukan wirausaha memang harus memiliki produk, mengerti pemasaran/marketing, mengerti manajemen, mengerti akuntansi, mengerti hukum dan sebagainya. Seseorang tidak mungkin memiliki hal ini sekaligus. Seorang wirausahawan yang berhasil harus mengerti proses produksi dari jasa/produknya, mau belajar pemasaran sehingga bisa menentukan target pasarnya, bisa memimpin proses produksi, dan mengerti dasar-dasar akuntansi untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Meskipun demikian dia tidak boleh mengerjakan semua itu sendiri, dia harus mendelegasikan kepada staf yang professional.  Setelah didelegasikan ia harus mempunyai kemampuan mengontrol.


Tidak semua orang bisa dan mempunyai kesempatan melakukan wirausaha. Masing-masing orang punya panggilan masing-masing. Hendaknya panggilan ini dijalankan untuk keharmonisan kehidupan di dunia. Yang penting bagi kita adalah menekuni dari setiap pekerjaan yang diberikan kepada kita. Jika ada ide untuk wirausaha, silahkan gumulkan. Yang jelas untuk sukses berwirausaha anda harus mengerti:

  1. Produk anda secara detail
    Dalam keadaan mendesak, anda harus bisa ikut masuk dalam kegiatan produksi. Ini penting supaya usaha kita tidak tergantung kepada seorang karyawan.
  2. Pemasaran/marketing
    Kita harus mau membeli buku mengenai marketing/pemasaran dan membacanya. Dari membaca ini kita mengetahui konsep pemasaran, di mana keunggulan produk kita, ke pasar mana kita akan masuk dan sebagainya.
  3. Project Management
    Project managemnt penting untuk menjaga kualitas produk/layanan kita. Seperti halnya marketing, kita bisa membeli buku mengenai Project Management dan menerapkannya dalam usaha kita.
  4. Finance/Akuntansi
    Akuntansi penting untuk melihat kesehatan usaha kita. Jika kita tidak memiliki pengetahuan akuntansi, kita tidak bisa melihat seberapa sehat perusahaan kita. Dengan akuntansi kita bisa menilai apa saja yang perlu ditingkatkan dan apa saja yang perlu diefisienkan.
  5. Legalitas
    Kita harus mengerti aspek legal apa saja berkaitan dengan usaha kita.

Itulah sedikit pengantar mengenai kewirausahawaan.


Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kewirausahaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday