Encapsulation pada Javascript secara sederhana dapat dipahami dengan pengertisan kapsul obat. Dalam kapsul obat ini kita melihat kapsul obat tanpa perlu tahu di dalamnya isinya apa, yang kita butuhkan hanyalah makan kapsul tersebut dan sakit kita sembuh.

Jadi konsep encapsulation itu adalah mengisolisasi source code supaya terbagi dalam blok-blok di mana programmer lain tidak perlu memikirikan detail dari blok-blok source code. Encapsulation ini merupakan bagian dari OOP (Object Oriented Programming) atau pemrograman berbasis objek.

Berkaitan dengan encalsulation ini, object dibagi dua yaitu

  1. Property
  2. Method

Programmer yang menggunakan object-object yang sudah dibuat programmer lain hanya tinggal menggunakan property dan method dari object tersebut itu dan tidak perlu otak-atik detail dari imeplemantasi property dan method dari object tersebut.

Aspek lain dari encapsulation ini adalah visibility dari method dan property. Tingkat visibility dari method dan property ini ada public, private dan protected. Tingkat visibility ini juga menunjukkan tingkat akses dari pengguna dalam menggunakan object ini.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Encapsulation pada Javascript
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday