Manajemen yang baik harus bisa mendefinisikan proses bisnis yang terjadi di dalam perusahaannya. Dalam memahami proses bisnis ini ada dua sudut pandang yaitu sudut pandang internal dan sudut pandang external. Sudut pandang internal merupakan sudut pandang yang terjadi di dalam perusahaan. Sudut pandang external merupakan sudut pandang dimana pelanggan melihat proses bisnis transaksi yang dia sedang kerjakan.

Untuk dapat memberikan layanan yang memuaskan pelanggan, kita harus benar-benar memahami proses bisnis yang dirasakan pelanggan kita. Sebagai contoh adalah proses bisnis pelanggan yang membuat website.

Proses bisnis pelanggan yang akan membuat website adalah sebagai berikut

  1. Memberikan uang muka
  2. Memberikan content untuk disain
  3. Memilih candidate disain
  4. Memberikan sebagian content
  5. Melihat tampilan sementara
  6. Memberikan sisa content
  7. Pembayaran kedua
  8. Launching website
  9. Pelunasan

Ketepatan waktu tentu menjadi harapan dari pelanggan, untuk itu diingatkan agar pelanggan juga menepati jadwalnya supaya pengerjaan bisa sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

Memahami proses bisnis dari sisi pelanggan akan memberntuk layanan yang memuaskan pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan tetap menggunakan produk-produk kita. Oleh sebab itu marilah kita memahami dengan baik proses bisnis baik secara internal maupun external.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Melihat bisnis proses dari sisi pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday