Kita mungkin mengalami keadaan di  mana Winbox kita tidak bisa terhubung ke Mikrotik sebagai contoh akibat terjadi reset. Kita sudah berusaha masuk ke IP 192.168.88.1 tetapi tidak bisa. Kita berusaha melakukan browse MAC address tetapi MAC Address tidak muncul di situ. Jadi kita tidak mendapatkan informasi MAC Address maupun IP Address, jadi bagaimana kita akan menghubungkan Winbox ke Mikrotik supaya kita dapat melakukan seting ?

Coba perhatikan baik-baik pada Mikrotik anda. Kemungkinan besar pada badan perangkat Mikrotik anda mencantumkan MAC Address yang digunakan pada setiap port. Nah dari sini silahkan memasukkan MAC Address ini pada filed Connect to dengan user admin dan password yang anda tahu, atau jika masih baru atau baru saja direset maka kosongkan saja field pada Password. Dengan demikian maka anda dapat melakukan seting Mikrotik anda kembali.

Keadaan ini pernah saya alami sewaktu melakukan upgrade firmware Mikrotik. Dan bukan hanya itu ternyata konfigurasi backupnya tidak bisa direstore. Ternyata waktu backup pastikan tidak diencrypt supaya bisa direstore di versi Winbox selanjutmya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »